Pengaruh Brand Communication Dalam Membangun Brand Loyalty Melalui Brand Trust (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Traveloka Di Universitas Brawijaya)

Karunia, Aldian Yodha (2019) Pengaruh Brand Communication Dalam Membangun Brand Loyalty Melalui Brand Trust (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Traveloka Di Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh brand communication terhadap brand loyalty yang dimediasi oleh brand trust, baik pengaruh secara langsung ataupun tidak langsung. Jenis penelitian adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabelvariabel melalui pengujian hipotesis. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan ukuran sampel sebesar 150 responden, responden adalah mahasiswa pengguna Traveloka di Universitas Brawijaya yang menggunakan Traveloka minimal 1 kali penggunaan dan berusia lebih atau sama dengan 17 tahun. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dan dibantu oleh software SmartPLS 3.0. Uji hipotesis dilakukan dengan uji T dan uji Sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel brand communication berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty pada mahasiswa pengguna Traveloka di UB, (2) variabel brand communication berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust pada mahasiswa pengguna Traveloka di UB, (3) variabel Brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty pada mahasiswa pengguna Traveloka di UB. (4) variabel brand communication berpengaruh positif dan signifikan tarhadap brand loyaty mahasiswa pengguna Traveloka di UB dimediasi oleh brand trust. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan adanya brand trust sebagai variabel mediasi, maka akan dapat membangun hubungan dari brand communication dan brand loyalty dengan lebih baik dari mahasiswa pengguna Traveloka di UB

English Abstract

This study aims to determine the effect of brand communication on loyalty which is mediated by brand trust. The research type is explanatory research with a quantitative approach through questionnaire method which is distributed online and on-site. The population of this study was the students of Brawijaya University that used Traveloka who had made transactions or purchased in Traveloka with a minimum of 1-time usage and has aged ≥ 17. The sample in this research is 150 respondents by using purposive sampling technique. Data analysis using Structural Equation Modeling (SEM) with SmartPLS 3.0 software (Partial Least Square). The results found that brand communication has a significant and positive effect on brand loyalty directly and indirectly through a brand trust. In this study, it can also be concluded that with brand trust as the mediated variable, it will be able to build more loyalty from students of Brawijaya University that used Traveloka

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/113/051903550
Uncontrolled Keywords: Brand Communication, Brand Trust, Brand Loyalty, Brand Communication, Brand Trust, Brand Loyalty
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:25
Last Modified: 21 Oct 2021 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170318
[thumbnail of Aldian Yodha Karunia.pdf]
Preview
Text
Aldian Yodha Karunia.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item