Pengaruh City Branding “Kediri Lagi” Terhadap City Image Dan Revisit Intention Ke Kabupaten Kediri (Studi Pada Wisatawan Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri)

Hafida, Sabrina Azmi (2019) Pengaruh City Branding “Kediri Lagi” Terhadap City Image Dan Revisit Intention Ke Kabupaten Kediri (Studi Pada Wisatawan Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh city branding terhadap city image dan keputusan berkunjung kembali wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kediri baik langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel- variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 155 responden yang diambil dari populasi pengumjung Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu dengan karakteristik sampel yang dipilih minimal berusia 17 tahun, minimal pernah satu kali berkunjung ke Kabupaten Kediri. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji realibilitas, dan uji normalitas. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dan uji hipotesis menggunakan uji t dengan menggunakan program SPSS. Dari hasil penelitian menggunakan uji t, city branding “Kediri Lagi” mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap city image Kabupaten Kediri. City branding juga mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap revisit intention wisatawan Kabupaten Kediri. City image mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention wisatawan ke Kabupaten Kediri. Namun secara tidak langsung, city branding “Kediri Lagi” secara positif dan signifikan dapat memediasi pengaruh city image terhadap revisit intention wisatawan ke Kabupaten Kediri. Oleh karena itu, city image memiliki pengaruh positif sebagai mediasi sempurna antara city branding dan revisit intention berdasarkan penelitian pada wisatawan Monumen Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri

English Abstract

The sample of this research consist of 155 respondents taken from the population of the visitors of Simpang Lima Gumul in the regency of Kediri. Therefore, the sampling technique being used is purposive sampling, which is a sampling technique based on certain consideration with the chosen sample characteristics. Thus, the chosen sample characteristics are the minimum age at 17 and have visited the regency of Kediri once at the minimum. The equiment test being used to test the instruments of the research are validity test, reliability test, and normality test. The technique being used to analyze the data is path analysis technique and hypothesis testing using t test with the help of a program named SPSS. Based on the research using t test, city branding of “Kediri Lagi” has a positive and significant effect on city image of the regency of Kediri. City branding also has significant and positive effect on revisit intention of the tourists of the regency of Kediri. Moreover, city image has a positive and significant effect on tourists’ revisit intention to the regency of Kediri. However, city branding “Kediri Lagi” indirectly can be a mediation on the effect of city image on tourists’ revisit intention in the regency of Kediri in a positive and significant way. Therefore, city image has a positive effect as a perfect mediation between city branding and revisit intention based on this research of the tourists of Monumen Simpang Lima Gumul in the regency of Kediri.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR.FEB/2019/93/051903530
Uncontrolled Keywords: City Branding, City Image, Revisit Intention, City Branding, City Image, Revisit Intention
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 15 Aug 2020 02:31
Last Modified: 21 Oct 2021 05:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170270
[thumbnail of Sabrina Azmi Hafida.pdf]
Preview
Text
Sabrina Azmi Hafida.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item