Analisis Perencanaan Media Promosi Oleh Perusahaan Media Di Era Fragmentasi Sebagai Strategi Brand Positioning (Studi Kasus Pada Promosi Program Dan Event Radio Suara Surabaya)

Mukmin, Nadya Angraini (2019) Analisis Perencanaan Media Promosi Oleh Perusahaan Media Di Era Fragmentasi Sebagai Strategi Brand Positioning (Studi Kasus Pada Promosi Program Dan Event Radio Suara Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis perencanaan media yang dilakukan oleh perusahaan media yakni Radio Suara Surabaya (SS) sebagai upaya brand positioning medianya di benak khalayaknya. Sejauh ini, aktivitas perencanaan media biasanya dilakukan oleh media/advertising agency atau perusahaan selain perusahaan media untuk mempromosikan produk atau brand. Media massa hanya menjadi sasaran para perencana media. Media massa juga sebuah brand. Sebagai sebuah brand, media massa juga perlu mempromosikan brandnya agar terposisikan dengan baik di benak khalayaknya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa Radio SS cenderung menggunakan media internal yang dikelolanya dalam mempromosikan radionya, program onair ataupun program off-airnya (event). Radio SS hanya menggunakan media eksternal ketika menggelar event off air saja

English Abstract

The present study analyzes media planning carried out by media companies namely Radio Suara Surabaya (SS) as an effort to brand position its media in the minds of its audiences. So far, media planning activities have been usually carried out by media/advertising agencies or other companies to promote products or brands than media companies. Media company is only the target of media planners. The mass media is also a brand. As a brand, mass media also needs to promote its brand so that it is positioned well in the minds of its audiences. The present study uses a case study method with descriptive qualitative research. The results of the study found that SS Radio tends to use internal media that it manages in promoting its radio, on-air programs or off-air programs (events). Radio SS only uses external media when holding event off air only.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/434/051903859
Uncontrolled Keywords: Media Fragmentation, Radio Suara Surabaya, Media Planning, Brand Positioning. Fragmentasi Media, Radio Suara Surabaya, Perencanaan Media, Brand Positioning.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.24 Content
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Aug 2020 09:18
Last Modified: 09 Aug 2020 09:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170261
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item