Analisis Sistem Pengupahan Pandego Tambak (Studi Pada Tambak Desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo)

Ristuningarum, Chindra Putri (2019) Analisis Sistem Pengupahan Pandego Tambak (Studi Pada Tambak Desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan Negara dengan sumber daya alam yang melimpah. Salah satu potensi yang terkenal adalah potensi perikanan, Kabupaten Sidoarjo merupakan penghasil perikanan terbesar keempat di Jawa Timur, salah satu potensi yang terkenal adalah potensi budidaya tambak. Dapat diketahui bahwa semua elemen yang bekerja ditambak apabila dilihat dari segi upahnya telah berkecukupan. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui sistem pengupahan yang diberikan pada pandego dan keadilan pengupahan pandego dalam persepektif islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil yang ditemukan bahwa proses awal pengupahan pandego adalah proses kesepakatan kerja yang terbagi menjadi empat tahapan. Pertama adalah penawaran pekerjaan oleh pemilik dan pandego, kedua pembagian sub kerja, ketiga adalah kesepakatan pemberian prosentase dan hutang dan proses terakhir adalah persetujuan/ pembatalan kerja yang diputuskan oleh pandego.Bentuk upah adalah bagi hasil/prosentase sebesar 20%, hal tersebut dipengaruhi oleh jenis tambak, besaran hasil panen, musim, besaran pinjaman bulanan yang diberikan, prosentase dan kerugian. Dalam persepektif Islam, akad kerjasama terklasifikasi dalam akad syirkah abdan, pencatatan kontrak secara lisan saja dinilai tidak adil karena memiliki unsur gharar. Pembagian sub kerja dinilai telah proposional dan adil, pemberian prosentase dinilai tidak adil karena merujuk pada dua akad yakni ijarah dan al musaqah dan hutang dinilai telah adil dan transparan karena status hutang yang yang tidak berubah.

English Abstract

Indonesia is a country with abundant natural resources. One of the famous potensials is fisheries. Sidoarjo Regency is the fourth largest fisheries producer in East Java, one the most potensial is fishery on brackish water ponds. It can be seen that all the elements that work in brackish water ponds when viewed their salaries are more than enough. The purpose of the study is to find out the pandego salary system in brackish water ponds and salary justice in Islamic perspective. This study used a descriptive qualitative metodhs. The result of this study that pandego salary was divided into four parts. Fisrt, job supply by owner and pandego. Second, devide on work division. Third, give a deal of a percentage and debt between owner and pandego. The last process is a approve or canceling this work. This salary model is a profit sharing that percentage equal 20%, this influenced by type of brackish water ponds, harvest yield, a debt of month, percentage and loss. In Islamic perspective, this corporation has a classify in akad syirkah abdan, recording of contracts is oral registration containts gharar elements. The divide of division of labour is a fair and has no gharar element. The percentage sharing is considered unfair because it refers to 2 akad ijarah and al musaqah and debt is a fair because of total is clear and has no gharar element

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/EFB/2019/190/051903669
Uncontrolled Keywords: Pandego, Pengupahan, Keadilan, Pandego, Salary, Fair.
Subjects: 300 Social sciences > 331 Labor economics > 331.2 Conditions of employment > 331.21 Compensation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Jul 2020 02:20
Last Modified: 21 Oct 2021 13:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170143
[thumbnail of Chindra Putri Ristuningarum.pdf]
Preview
Text
Chindra Putri Ristuningarum.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item