Religiusitas Bagian Dari Strategi Branding Air Minum Dalam Kemasan (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Amdk Q-Mas M Produksi Panti Asuhan Kh. Mas Mansyur Kota Malang)

Sari, Rohmah Nia Chandra (2019) Religiusitas Bagian Dari Strategi Branding Air Minum Dalam Kemasan (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Amdk Q-Mas M Produksi Panti Asuhan Kh. Mas Mansyur Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang religiusitas bagian dari strategi branding air minum dalam kemasan Q-Mas M produksi Panti Asuhan KH. Mas Mansyur Kota Malang. Religiusitas dipilih karena komitmen agama merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi konsumen di pasar. Air minum dalam kemasan Q-Mas M dipilih sebagai obyek penelitian karena merupakan satu-satunya produk air minum dalam kemasan yang dimiliki oleh Muhammadiyah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana religiusitas menjadi bagian strategi branding air minum dalam kemasan Q-Mas M produksi Panti Asuhan KH. Mas Mansyur Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diambil melalui data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam kepada informan yang dipilih melalui teknik snowball sampling. Sedangkan data sekunder diperoleh dari beberapa referensi, jurnal dan dokumen terkait dengan penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah air minum dalam kemasan Q-Mas M telah menerapkan empat isu strategis menurut Palmer agar brand tersebut kuat dan berbeda dengan yang lain. Hal ini dimulai dari pemilihan nama, fitur produk yang khas, pembentukan brand personality yang khas dan identitas visual yang khas. Nilai religiusitas yang diterapkan adalah dimensi pengetahuan agama dan dimensi konsekuensi. Dimensi pengetahuan agama melalui kajian-kajian Muhammadiyah, sedangkan dimensi konsekuensi melalui label halal pada kemasan produk. Air minum dalam kemasan Q-Mas M membranding dirinya sebagai produk yang religius melalui pembentukan citra Islami dengan membawa nama perserikatan Muhammadiyah, motto visi dan misi serta strategi promosinya.

English Abstract

This study discusses about religiousity part of strategic branding in packaged drinking water Q-Mas M produced by KH. Mas Mansyur Malang City orphanage. Religiosity is chosen because religious commitment is one of the important factors affecting consumers in the market. Packaged drinking water Q-Mas M chosen as the object of research because it is the only packaged drinking water product owned by Muhammadiyah. The purpose of this study is to know when religiousity being a strategic branding package drinking Q-Mas M which is produced by KH. Mas Mansyur Kota Malang. This research uses descriptive qualitative research. Sources of data is taken from primary data and secondary data. Primary data is obtained by doing in-depth interviews with informants who are selected from snowball sampling techniques. While secondary data is obtained from several references, journals and documents related to research. From this study according to Palmer, the packaged drinking Q-Mas M has applied four strategic issues to strenghten the brand and to be different from the others. This starts from the selection of names, unique product features, unique brand personality formation and unique visual identity. The value of religiosity applied are the dimension of religious knowledge and the dimension of consequences. The dimension of religious knowledge is obtained from Muhammadiyah studies, while the consequences dimension is from halal labels on product packaging. Packaged drinking Q-Mas M branded their product as a religious product of an Islamic image by involving the name of the Muhammadiyah unions, the motto, vision and mission, and promotion strategy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/206/051902578
Uncontrolled Keywords: Branding, Religiusitas, Religious Branding, Air minum dalam kemasan Branding, Religiosity, Religious Branding, Packaged drinking water
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Jul 2020 07:23
Last Modified: 04 Aug 2020 04:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169851
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item