Analisis Kadar Logam Berat Timbal (Pb) Dan Tembaga (Cu) Pada Rumput Laut Gracilaria Verrucosa Di Perairan Jabon Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur

Prashintia, Crismadhisti (2019) Analisis Kadar Logam Berat Timbal (Pb) Dan Tembaga (Cu) Pada Rumput Laut Gracilaria Verrucosa Di Perairan Jabon Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kandungan logam berat Pb dan Cu pada rumput laut Gracilaria verrucosa di Perairan Jabon Sidoarjo, menganalisis perbedaan akumulasi logam berat Pb dan Cu pada lokasi budidaya yang berbeda, dan mengetahui apakah rumput laut Gracilaria verrucosa di Perairan Jabon Sidoarjo layak untuk dikonsumsi. Penelitian ini dilaksanakan pada Juli 2018 di perairan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Lokasi penelitian dibagi menjadi 3 yaitu Stasiun 1 merupakan kolam budidaya rumput laut yang terletak di anak Sungai Porong, stasiun 2 adalah kolam budidaya yang terletak di hilir Sungai Porong yang alirannya menuju ke muara Sungai Porong, dan stasiun 3 merupakan daerah muara Sungai Porong yang disekitarnya terdapat kolam budidaya rumput laut. Preparasi dan analisis sampel menggunakan AAS dilakukan di Laboratorium Hidrobiologi FPIK UB dan Labolatorium Kimia UIN Malang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kandungan logam berat Pb adalah dan Cu pada rumput laut Gracilaria verrucosa adalah 0,082±0,382 mg/l dan Cu 1,096±1,147 mg/l. Berdasarkan analisis hasil, menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan akumulasi logam berat Pb dan Cu pada lokasi budidaya yang berbeda dan rumput laut masih layak konsumsi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/74/051903113
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 579 Natural history of microorganisms, fungi, algae > 579.8 Algae / Algae culture / Microalgae--Cultures and culture media > 579.88 Phaeophyta (Brown algae)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Oct 2020 10:08
Last Modified: 01 Jul 2022 01:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169803
[thumbnail of Crismadhisti Prashintia (2).pdf] Text
Crismadhisti Prashintia (2).pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item