Peningkatan Strategi Daya Saing Produk Nori Lokal Terhadap Nori Impor di Jawa Timur

Andini, Sofi Ayu (2019) Peningkatan Strategi Daya Saing Produk Nori Lokal Terhadap Nori Impor di Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumput laut merupakan komoditas unggulan Indonesia dan memiliki nilai ekonomi yan tinggi. Beberapa produk pangan yang dapat dikembangkan dari rumput laut adalah nori, manisan rumput laut, minuman, mie, cake, kerupuk, ataupun sayuran. Nori merupakan makanan terbuat dari rumput laut yang dikeringkan dan dipanggang. Nori merupakan makanan ringan yang sangat digemari masyarakat Indonesia sehingga menyebabkan kebutuhan akan nori semakin tinggi. Tak jarang banyak bermunculan berbagai produk nori baik itu lokal maupun impor yang membuat persaingan antar perusahaan semakin ketat. Padahal seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan negara dengan komoditi rumput laut yang menjanjikan, tetapi untuk makanan ringan saja masih ada yang impor. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan membahas tentang strategi peningkatan daya saing produk nori lokal terhadap nori impor di Jawa Timur. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen, mengidentifikasi penilaian produk, menganalisis dan menetapkan segmentation, targeting, positioning, serta merumuskan strategi peningkatan daya saing produk nori lokal terhadap nori impor di Jawa Timur. Penelitian dilaksanakan di beberapa kota di Jawa Timur pada 28 Januari- 20 Februari 2019. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dan data sekunder dikumpulkan dengan cara melakukan observasi ke beberapa supermarket di Jawa Timur, medokumentasika, serta melakukan penyebaran kuesioner secara online terhadap konsumen produk nori lokal maupun impor. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang mengkonsumsi produk nori dengan jumlah sampel sebanyak 130 responden. Dengan teknik sampling Multi stage sampling. Metode Analisis data yang digunakan adalah analisis cluster, crosstab/ tabulasi silang, dan coresspondence analysis. Merek nori lokal yang diteliti adalah Mamasuka dan Crispy Seaweed sedangkan merek nori impor yang diteliti adalah Tao Kae Noi dan Seleco Nori. Karakteristik konsumen produk nori didominasi oleh konsumen yang berjenis kelamin perempuan berusia 21-30 tahun yang berstatus belum menikah dengan jumlah anggota keluarga 3-4 orang. Pendidikan terakhir adalah SMA, bekerja sebagai pelajar/mahasiswa yang beragama Islam, dengan pendapatan <Rp.5.000.000 dan pengeluaran sebesar <Rp.5.000.000. Penilaian Produk yang terbentuk didominasi oleh konsumen yang tujuan membelinya karena ingin mencoba merek baru. Kecenderungan membeli produk nori yang murah dan berkualitas. Sedangkan kesan terhadap produk nori didominasi oleh rasa suka, dan informasi pada kemasan yang dirasa penting adalah informasi mengenai komposisi dari produk nori dengan frekuensi pembelian sebanak 1-2 kali dalam seminggu. Sebagian besar konsumen bersedia untuk membeli kembali produk nori. Segmentation, targeting, dan positioning yang dibentuk atas dasar konsumen dalam pembentukan strategi peningkatan daya saing pemasaran didapatkan 4 segmen konsumen berdasar karakteristik demografi seperti jenis kelamin, usia, status pernikahan, jumlah anggota keluarga, pendidikan terakhir, pekerjaan, agama, pendapatan, dan pengeluaran. Kemudia untuk targeting didapatkan cluster ke 3 sebagai pasar sasaran utama karena memiliki persentase tertinggi dibanding 3 cluster lainnya. Positioning yang terbentuk dari penilaian atribut yang dianggap memuaskan untuk produk nori Tao Kae Noi adalah merek dikenal, ketersediaan produk, dan adanya periklanan, produk nori merek Seleco Nori adalah variasi rasa, kemasan menarik, dan dijual online, produk nori merek Mamasuka adalah diskon, lokasi toko, dan ada promosi, serta untuk nori merek Crispy Seaweed adalah kualitas, jaminan halal dan BPOM, harga terjangkau, harga sesuai kualitas. Rencana strategi peningkatan daya saing pemasaran yang terbentuk dari hasil analisis adalah untuk produk nori Mamasuka sebaiknya meningkatkan variasi rasa, menambah kualitas produk, meningkatkan citra merek, mempromosikan sertifikat halal dan BPOM, meningkatkan kemasan produk, menambah harga ekonomis, meningkatkan dan memperkuat diskon harga, menambah produk dengan kualitas yang baik, memperhatikan stok nori, meningkatkan dan memperkuat penjualan produk nori di lokasi yang strategis, melakukan promosi, periklanan, dan penjualan online. Sedangkan strategi peningkatan daya saing produk Crispy Seaweed adalah meningkatkan variasi rasa, mempertahankan kualitas produk, meningkatkan citra merek, mempertahankan dan mempromosikan sertifikat halal dan BPOM, meningkatkan kemasan, mempertahankan harga terjangkau, memberikan potongan harga, harga dan kualitas dipertahankan, memperhatikan stok nori, meningkatkan penjualan produk nori di dekat tempat tinggal konsumen, meningkatkan promosi, periklanan, dan penjualan online. Saran dengan adanya penelitian ini diharapkan perusahaan dapat merumuskan strategi pemasaran yang tepat. Penulis dapat meneruskan penelitian dengan produk lainnya dengan jumlah yang lebih banyak. Serta bagi perguruan tinggi dapat menambah materi yang luas.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/48/051903087
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 579 Natural history of microorganisms, fungi, algae > 579.8 Algae / Algae culture / Microalgae--Cultures and culture media > 579.88 Phaeophyta (Brown algae)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Oct 2020 01:25
Last Modified: 23 Oct 2021 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169701
[thumbnail of Sofi Ayu Andini.pdf]
Preview
Text
Sofi Ayu Andini.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item