Triono, Livia Davita (2019) Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Produk Perikanan pada E-Commerce Silly Fish Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Peningkatan hasil produksi perikanan mendorong para pengusaha dibidang perikanan untuk membuka bisnis baru dalam bidang perikanan. Persaingan dalam dunia bisnis yang diiringi dengan perkembangan teknologi yang pesat membuat penjualan tidak hanya terjadi secara offlne namun juga secara online, salah satu cara penjualan online yaitu melalui e-commerce. E-commerce Silly Fish Indonesia merupakan salah satu e-commerce yang ada dibidang perikanan, terdiri dari dua bentuk e-commerce yaitu website dan juga aplikasi mobile phone. Disamping melakukan penjualan melalui e-commerce, Silly Fish Indonesia juga melakukan pemasaran untuk menarik minat beli konsumen pada e-commerce melalui media sosial Instagram. Promosi yang dilakukan tersebut merupakan salah satu cara untuk menarik minat beli konsumen, dengan demikian sangat penting untuk mengetahui seberapa efektif promosi melalu media sosial Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media sosial instagram sebagai media promosi pada e-commerce Silly Fish Indonesia. Metode penelitian yang dilakukan adalah desktriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan EPIC Model). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh followers Instagram Silly Fish Indonesia. Teknik sampling menggunakan teknik non probability sampling, dengan metode purposive sampling dan insidental sampling. Besaran jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus slovin, sehingga didapati jumlah sampel sebesar 120 responden. Berdasarkan hasil analisis efektivitas menggunakan EPIC Model pada dimensi empathy diperoleh total skor rata-rata sebesar 3,40. Skor empathy menempati rentang penilaian sangat efektif. Hal ini menyatakan bahwa promosi yang dilakukan pada instagram Silly Fish Indonesia mampu memberikan informasi dan pesan yang menarik, sehingga disukai dan mudah diingat oleh konsumen. Pada dimensi persuasion diperoleh total skor rata-rata sebesar 3,51. Skor persuasion menempati rentang penilaian sangat efektif. Hal ini menyatakan bahwa promosi yang dilakukan pada instagram Silly Fish Indonesia mampu mempengaruhi konsumen untuk membeli produk perikanan pada e-commerce Silly Fish Indonesia. Pada dimensi impact diperoleh total skor rata-rata sebesar 3,30. Skor impact menempati rentang penilaian sangat efektif. Hal ini menyatakan bahwa promosi yang dilakukan pada instagram Silly Fish Indonesia sangat baik karena sudah terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan yang lain, dalam pesan yang disampaikan juga sudah melibatkan konsumen sehingga konsumen tidak hanya sekedar mengetahui produk perikanan yang dijual namun mengerti informasi lainnya mengenai produk tersebut. Pada dimensi communication diperoleh total skor rata-rata sebesar 3,44. Skor communication menempati rentang penilaian sangat efektif. Hal ini menyatakan bahwa promosi yang dilakukan pada instagram Silly Fish Indonesia sudah sangat efektif dalam menyampaikan pesan kepada konsumen, sehingga konsumen dapat mengingat pesan yang disampaikan dan mengerti bawa produk perikanan yang dijual pada e-commerce Silly Fish Indonesia merupakan produk yang dibutuhkan dan berkualitas. Berdasarkan hasil perhitungan total dimensi, diperoleh nilai EPIC Rate sebesar 3,41 yang berarti bahwa secara keseluruhan promosi yang dilakukan Silly Fish Indonesia melalui media sosial Instagram termasuk dalam kategori sangat efektif. Berdasarkan grafik EPIC Rate dapat diketahui bahwa promosi yang dilakukan oleh Silly Fish Indonesia dimedia sosial Instagram mempunyai kekuatan yaitu pada dimensi persuasion dan kelemahan pada dimensi impact. Silly Fish Indonesia perlu meningkatkan promosi yang dilakukan pada media sosial Instagram melalui dimensi impact dengan cara mengikut sertakan konsumen dalam promosi yang dilakukan misalnya mengadakan kuis dan juga give away (pemberian produk secara gratis dengan syarat tertentu) agar tidak terjadi penurunan efektifitas promosi. Untuk penelitian selanjutnya mengenai efektifitas promosi, sebaiknya menggunakan analisis model lain selain EPIC Model misalnya menggunakan CRI (Customer Response Index), DRM (Direct Rating Method) dan CDM (Costumer Desicion Model).
English Abstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPIK/2019/28/051903067 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.75 Specific types of multimedia systems > 006.754 Online social networks |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 02:05 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 07:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169659 |
Preview |
Text
Livia Davita Triono.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |