Fatah, Malik Abdul (2018) Implikasi Kasus Korupsi Pada Kandidat Dan Strategi Partai Di Pemilukada Kota Malang 2018. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini mengidentifikasi pengaruh dari kasus korupsi yang menimpa calon Wali Kota Malang M. Anton yang merupakan calon petahana juga calon Ananda Gudban terhadap kemenangan calon pasangan Sutiaji-Edi juga bagaimana partai pengusung pasangan Suiaji-Edi bereaksi dengan adanya kasus tesebut. Kasus korupsi ini menjadi faktor eksternal yang dapat diperhitungkan karena mempengaruhi citra calon yang terkena kasus tersebut. Partai pengusung dalam hal ini bisa menggunakan momentum tersebut untuk memasarkan pasangan calon yang bersih dari kasus ini dengan marketing yang baik. Pada Penggunannya marketing politik bisa mengetahui faktor apa yang diperlukan untuk membuat pemilih mengggunakan hak pilihnya untuk memilih seorang calon. Adanya kasus korupsi ini juga tidak hanya dapat mempengaruhi pilihan pemilih, tapi juga partai politik. Kasus korupsi ini cukup dimanfaatkan partai pengusung pasangan Sutiaji-Edi untuk menaikkan elektabilitas calonnya yang bersih dari kasus korupsi. Hasil Penelitian ini memperlihatkan bahwa kasus korupsi ini memang mempengaruhi citra calon dan pilihan di masyarakat. Kasus ini juga dijadikan partai sebagai bentuk marketing calon agar masyarakat bisa lebih jernih memilih calon dengan mengkampanyekan pasangan Sutiaji-Edi sebagai pasangan yang bersih, walaupun sebenarnya kampanye dengan isu ini tidak dilakukan dengan begitu massive.
English Abstract
This study identified the influence of corruption cases that happened to Malang Mayor M. Anton who was an incumbent candidate and candidate for Ananda Gudban towards the victory of the Sutiaji-Edi candidate pair as well as how the Suiaji-Edi bearer party reacted with the case. This corruption case is an external factor that can be taken into account because it affects the image of the candidate that hit by the case. The bearer party in this case can use the momentum to market the prospective candidate who is clean of this case with good marketing. In its use, political marketing can find out what factors are needed to make voters use their voting rights to elect a candidate. The existence of this corruption case also can not only influence the choice of voters, but also political parties. This corruption case is enough to be used by the party carrying the Sutiaji-Edi pair to increase the electability of candidates who are clean from corruption cases. The results of this study revealed that this corruption case did affect the image of candidates and choices in the community. This case is also used as a party as a form of prospective marketing so that the public can be clearer in choosing candidates by campaigning for the Sutiaji-Edi pair as a clean partner, even though the campaign with this issue was not done so massive.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/303/051902675 |
Uncontrolled Keywords: | marketing politik, pengaruh kasus korupsi, pemilukada kota Malang, partai politik political marketing, influence of corruption cases, Malang city election, political parties |
Subjects: | 300 Social sciences > 345 Criminal law > 345.02 Criminal offenses > 345.023 23 Specific crimes and classes of crime (Corruption) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 03:19 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 04:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169637 |
Actions (login required)
View Item |