Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Pembelian antara Laki-laki dan Perempuan (Studi Elaboration Likelihood Model pada Online Consumer Reviews dalam akun Instagram @cuancuan.id).

Permatasari, Nadiya Tri (2019) Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Pembelian antara Laki-laki dan Perempuan (Studi Elaboration Likelihood Model pada Online Consumer Reviews dalam akun Instagram @cuancuan.id). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di era modern seperti saat ini dengan diiringi perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat memberikan beberapa kemudahan bagi masyarakat, salah satunya yaitu dalam proses belanja online. Dalam proses belanja online, para konsumen perlu terlebih dahulu mencari dan mengumpulkan informasi mengenai produk ataupun jasa yang akan dipilih guna meminimalisir terjadinya risiko kesalahan. Proses pertukaran pesan melalui electronic word of mouth telah menjadi fenomena yang penting karena dinilai efektif dalam mengurangi risiko dan ketidakpastian yang dialami konsumen. Dalam pemrosesan pesan persuasi pada setiap individu mengalami perbedaan, termasuk pada laki-laki dan perempuan yang berbeda jenis kelamin maka berbeda pula cara proses berpikirnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana pengaruh pesan electronic word of mouth berupa online consumer reviews pada salah satu akun media sosial instagram yaitu @cuancuan.id terhadap minat pembelian antara laki-laki dan perempuan. Penelitian ini menggunakan teori Elaboration Likelihood Model yang menjelaskan bahwa dalam memproses pesan persuasif, individu menggunakan dua rute yang berbeda yaitu rute sentral dan rute periferal. Penelitian ini menggunakan variabel Information Relevance (X1), Information Accuracy (X2), Value Added Information (X3), Number of Reviews (X4), dan Source Credibility (X5). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda dummy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Value Added Information (X3) yang di dalam penelitian ini diproses melalui rute sentral merupakan variabel yang paling berpengaruh secara signifikan terhadap minat pembelian antara laki-laki dan perempuan.

English Abstract

In the modern era like now with the development of increasingly sophisticated technology, it can provide some convenience for the community, one of which is in the process of shopping online. In the process of online shopping, consumers need to first find and gather information about the product or service to be selected in order to minimize the risk of errors. The process of exchanging messages through electronic word of mouth has become an important phenomenon because it is considered effective in reducing the risks and uncertainties experienced by consumers. In processing persuasive messages on each individual experiencing differences, including men and women of different sexes, the method of thinking is different. The purpose of this study was to analyze the extent of the influence of electronic word of mouth messages in the form of online consumer reviews on one of Instagram's social media accounts, namely @ cuancuan.id, against interest in purchases between men and women. This study uses the Elaboration Likelihood Model theory which explains that in processing persuasive messages, individuals use two different routes, namely the central route and peripheral routes. This study uses the variables Information Relevance (X1), Information Accuracy (X2), Value Added Information (X3), Number of Reviews (X4), and Source Credibility (X5). This research is an explanatory type of quantitative research. The sample used in this study amounted to 100 respondents. The instrument of this study used a questionnaire and analyzed using dummy multiple regression analysis. The results of this study indicate that the Value Added Information (X3) variable which is processed through the central route is the variable that has the most significant influence on purchase interest between men and women.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/252/051902624
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Online Consumer Reviews Elaboration Likelihood Model Elaboration Likelihood Model, Electronic Word of Mouth, Online Consumer Reviews, Gender.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Jul 2020 08:02
Last Modified: 15 Jul 2020 08:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169480
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item