Cara Media Sosial Akun Instagram @Indonesiajuara Dalam Menginformasikan Wisata Daerah Di Indonesia

Rosyadi, Arif Rizal (2018) Cara Media Sosial Akun Instagram @Indonesiajuara Dalam Menginformasikan Wisata Daerah Di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Instagram juga merupakan salah satu aplikasi sosial media yang sering digunakan di Indonesia, Seiring dengan perkembangan Instagram di Indonesia perkembangan disektor pariwisata di Indonesia juga meningkat. Munculnya berbagai konten media dengan tema wisata baik cetak dan elektronik dapat dilihat sebagai indikator berkembangnya tren berwisata di Indonesia. Salah satu akun di instagram yang banyak memberikan ifnormasi tentang pariwisata adalah @indonesiajuara. Pada awal kemunculannya akun instagram @indonesiajuara mencuri banyak perhatian para pengguna instagram khususnya para wisatawan muda. Jika dibandingkan dengan akun instagram sejenis lainnya jumlah pengikut akun @indonesiajuara memiliki follower yang cukup tinggi. Tingginya jumlah followers pada akun instagram @indonesiajuara memberikan indikator bahwa unggahan foto dan informasi yang diberikan dalam akun ini memang cukup diminati. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, artinya data yang digunakan merupakan data kualitatif deskriptif. Menurut Suharsimi Arikunto, penelitian deskriptif bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status kejadian. Penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa, Melalui akun instagram @indonesiajuara, Indonesia terbantu proses potensi wisatanya, baik itu tempat refreshing, public space atau event-event yang dilakukan di Indonesia. Penggunaan akun instagram @indonesiajuara sebagai media promosi wisata yang ada di Indonesia, yakni melalui postingan-postingan foto, video yang diikuti dengan caption tekstual yang berfungsi memberikan informasi lebih detil tentang pariwisata Indonesia. Penelitian ini juga menunjukkan era media sudah mengarah kesesuatu yang sangat praktis dan tidak membutuhkan banyak proses seperti sebuah promo iklan dimedia massa seperti televisi , media cetak dan lainnya.

English Abstract

Instagram is one of social media application that frequently used in Indonesia. As the Instagram evolves in Indonesia, the progress of tourism sector in Indonesia is way up. The appearance of many media content with tourism theme whether it printed or electronic, can be seen as the indicator of tourism development trend in Indonesia. One of instagram account that gives a lot of tourism informations is @indonesiajuara. At the first appearance, the instagram account of @indonesiajuara stole many attention of instagram users, especially the young traveller. If it compared with all these other same kind of instagram account, the number of followers @indonesiajuara account is moderately high. The height amount of followers at instagram account @indonesiajuara gives indicator that uploaded photos and informations in these account are actually enthused. These research includes qualitative research, which means the used data is descriptive qualitative data. According to Suharsimi Arikunto, the descriptive research intend to visualize the condition of event status. The research result comes to conclusion that, through instagram account of @indonesiajuara, potential process of Indonesia tourism helped, whether it refreshing place, public space or any other coming events in Indonesia. The used of instagram account of @indonesiajuara as the promotion media tourism in Indonesia, through photo feeds, videos following by textual caption for giving detail information about tourism in Indonesia. These research also showing the media era already leads to a very practical and did not need many process like promotion in mass media advertisment such as television, print media and another else.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/130/051902502
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram, Promosi Wisata Social Media, Instagram, Tourism Promotion
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.75 Specific types of multimedia systems > 006.754 Online social networks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jun 2020 07:59
Last Modified: 19 Jun 2020 07:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169350
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item