Strategi “Kampung Sinau dalam MeningkatkanKualitas Pendidikan Anak Putus Sekolah di Kota Sidoarjo”

Pamungkas, Bagus Tri (2019) Strategi “Kampung Sinau dalam MeningkatkanKualitas Pendidikan Anak Putus Sekolah di Kota Sidoarjo”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pendidikan anak yang putus sekolah di Indonesia, khususnya di Kota Sidoarjo. Komunitas Kampung Sinau adalah salah satu contoh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berkomitmen mendidik dan membina para anak putus sekolah di kota Sidoarjo. Kampung Sinau menerapkanpembelajaran Ilmu dan Akhlak pada anak didik mereka. Metode ini dianggap efektif untuk mendidik anak putus sekolah karena jika waktu dewasa nanti anak miskin yang putus sekolah ini mempunyai bekal ilmu keterampilan dan Ilmu spiritual yang mumpuni. Berawal dari banyaknya anak putus sekolah di wilayah sekitar Buduran, Kampung Sinau mewadahi anak-anak putus sekolah ini belajar . Kampung Sinau juga bekerja sama dengan UKM sekitar untuk dapat memberikan edukasi kepada anak-anak Kampung Sinau agar belajar terampil untuk bekal pada dewasa nanti. Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan modal sosial dalam pengembangan Kampung Sinau yang berdiri sejak tahun 2006 mengalami perkembangan yang pesat. Sampai saat ini Kampung Sinau dikenal dalam skala regional dan Internasional. Peneliti memilih teori Pierre Bourdioue tentangmodal sosial bagaimana proses dari strategikampung sinau untuk mengembangkan Kampung Sinau. Dalam modal sosial Pierre Bourdioue terdapat 4 bentuk modal yaitu modal ekonomi, sosial, budaya dan simboilik. Kampung Sinau dalam mengembangkan dan mengelola menjadi wisata belajaroleh masyarakat sekitar. Hasil dari penelitian ini bahwa dalam melakukan pengelolaan dan pengembangan KampungSinau mereka dipengaruhi oleh modal sosial. Jenispenelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus holistik tunggal. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dengan cara mengamati situasi proses pembelajaran di dalam basecamp Kampung Sinau, melakukan wawancara semi tak terstruktur terhadap informan, serta melakukan dokumentasi kegiatankegiatan yang dilakukan selama penelitian.

English Abstract

This research is motivated by the low level of education of poor children who drop out of school in Indonesia, especially in the city of Sidoarjo. The Kampung Sinau Community is one example of a Non-Governmental Organization (NGO) that is committed to educating and fostering school dropouts in the city of Sidoarjo. Kampung Sinau applies learning Science and Morals to their students. This method is considered effective for educating poor children to drop out of school because if they grow up, poor children who drop out of school have the knowledge and skills of a qualified spiritual science. Starting from the large number of school dropouts in the area around Buduran, Kampung Sinau accommodates these school dropouts to study. Kampung Sinau also works with the surrounding UKM to be able to provide education to the children of Kampung Sinau so that they can learn skillfully in the future. This study discusses the use of social capital in the development of Sinau Village which was established in 2006 experiencing rapid development. Until now, Sinau village is known on a regional and international scale. The researcher chose Pierre Bourdioue's theory of social capital how was the process of Kampung Sinau strategy to develop Sinau Village. In Pierre Bourdioue's social capital there are 4 forms of capital, namely economic, social, cultural and symbiotic capital. Kampung Sinau in developing and managing becomes a learning tour by the surrounding community. The results of this study that in carrying out the management and development of Kampung Sinau they were influenced by social capital. This type of research is qualitative research with a single holistic case study method. The data collection of this study uses observation techniques by observing the learning process situation in the Kampung Sinau basecamp, conducting semi-structured interviews with informants, and documenting the activities carried out during the study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/62/051902434
Uncontrolled Keywords: Anak putus sekolah, pendidikan,Kampung Sinau, Modal Sosial Out of school children, education, Kampung Sinau, Social Capital
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.3 Methods of instruction and study
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Jun 2020 02:57
Last Modified: 04 Aug 2020 04:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169089
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item