Pengaruh Sumber Pesan Nofita Pita Henderson Terhadap Brand Awareness Animal Cruelty Free Dalam Kosmetik Pada YouTube Dengan Judul “Makeup Brand Yang Di Test Ke Hewan

Wulandari, Novita Dwi (2019) Pengaruh Sumber Pesan Nofita Pita Henderson Terhadap Brand Awareness Animal Cruelty Free Dalam Kosmetik Pada YouTube Dengan Judul “Makeup Brand Yang Di Test Ke Hewan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini banyak bermunculan aksi pembelaan kekerasan pada binatang dari forum – forum pecinta binatang maupun secara personal. Salah satu aksi pembelaan terhadap binatang yaitu kampanye yang menyuarakan kesejahteraan binatang. Kampanye kekerasan terhadap hewan memiliki berbagai macam bentuk salah satunya yaitu mengenai animal cruelty free pada kosmetik. Kampanye animal cruelty free pada kosmetik yang dilakukan tidak sedikit dari kalangan selebriti dengan memanfaatkan kehadiran media sosial. YouTube adalah suatu platform media sosial yang memiliki tingkat akses terbanyak selain media sosial lainnya. Salah satu selebriti atau influencer media sosial yang mengkampanyekan animal cruelty free pada kosmetik yaitu Nofita Pita Henderson pada konten video YouTube nya. Video tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran khalayak dalam memilih merek kosmetik secara bijak. Brand awareness adalah suatu kemampuan untuk mengidentifikasi, mengenali, atau mengingat suatu merek dalam kategori suatu produk tertentu dengan melihat seberapa jauh khalayak sadar akan suatu merek tertentu. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh sumber pesan dari Nofita Pita Henderson terhadap brand awareness animal cruelty free dalam kosmetik pada video YouTube dengan judul “Makeup Brand Yang Di Test Ke Hewan”. Variabel independen yang diuji dalam penelitian ini adalah sumber pesan dengan indikator expertise, trustworthiness, dan likability yang diuji pengaruhnya terhadap varuabel dependennya yaitu brand awareness. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Indonesia yang menonton video YouTube oleh Nofita Pita Henderson dengan judul “Makeup Brand Yang Di Test Ke Hewan”. Jumlah responden dalam penelitian ini ditetapkan sejumlah 100 responden yang dipilih menggunakan metode simple random sampling dengan menggunakan teknik analisis data regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan variabel sumber pesan berpengaruh secara signifikan terhadap brand awareness. Kemudian, expertise merupakan indikator dari sumber pesan yang paling dominan dan berpengaruh terhadap brand awareness animal cruelty free dalam kosmetik.

English Abstract

The animal rights movement right now has been growing from inside the animal lover forum and also from many individuals. Many efforts in this movement includes campaigning against animal cruelty. These campaigns come in many forms and one of those form is concerned with animal cruelty-free cosmetic products. Campaigning animal cruelty-free cosmetic products is starting to become a popular thing to do among celebrities on social media. YouTube is one of the social media platform with most traffic compared to other social media. One of the celebrities, or in this case, influencers utilizing YouTube to campaign animal cruelty-free cosmetic products is Nofita Pita Henderson. She aims to raise awareness in the hope that the public be more conscious when buying cosmetic products. Brand awareness is an instrument to measure the ability to identify, recognize, and recall a certain brand in a category of certain kind of products. This research aims to uncover the effect of source message Nofita Pita Henderson on the brand awareness of animal crueltyfree cosmetic brands. The object of this research is a YouTube video by Henderson “Makeup Brand Yang Di Test Ke Hewan”. The independent variable tested on this research is the source message with the indicator of expertise, trustworthiness, and likeability. These indicators are tested in terms of their effects on the dependent variables which is brand awareness. The population chosen is the Indonesian viewers of Henderson’s YouTube video titled “Makeup Brand Yang Di Test Ke Hewan”. There are 100 respondents participating in this research which were selected using the method of simple random sampling. The data will be analysed using simple linear regression method. This research finds that in fact the source message variable is significantly influential towards brand awareness of cruelty-free cosmetic brands. Expertise is the most dominant and the most influential indicator

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/39/051902411
Uncontrolled Keywords: Sumber Pesan, Brand Awareness, Media Sosial, YouTube, Kosmetik, Animal Cruelty Free. Source Message, Brand Awareness, Social Media, YouTube, Cosmetic, Animal Cruelty Free.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.24 Content
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Jun 2020 01:54
Last Modified: 06 Jun 2020 01:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169018
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item