Analisis Sentimen Pemilihan Presiden 2019 pada Twitter Menggunakan Metode Maximum Entropy

Sabily, Alvandi Fadhil (2019) Analisis Sentimen Pemilihan Presiden 2019 pada Twitter Menggunakan Metode Maximum Entropy. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam era modern ini, komunikasi bisa dilakukan melalui berbagai media salah satunya melalui media online yaitu Twitter. Twitter merupakan salah satu sosial media yang berfungsi untuk bertukar informasi dan juga menuangkan suatu opini terhadap suatu hal. Twitter yang membicarakan pemilihan presiden menjadi obyek yang digunakan dalam penelitian ini. Untuk mengetahui suatu sentimen memiliki nilai positif atau negatif maka diperlukan analisis sentimen seperti pada penelitian ini. Untuk menganalisis suatu sentimen diperlukan adanya metode yang bisa mengelompokan suatu sentimen, Maximum Entropy merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini dengan metode evaluasi yang digunakan adalah Confusion Matrix yang nantinya akan menghitung nilai Macro dan Micro averaging dari nilai evaluasi dihasilkan. Hasil evaluasi yang dilakukan dalam penelitian ini menghasilkan nilai akurasi Macro yang cukup tinggi yaitu sebesar 89,16% dengan nilai precision dan recall sebesar 100% dan 89,16% dan juga nilai F-measure sebesar 94,27%. Pengujian dilakukan dengan menguji sebanyak 120 tweet dan data training yang digunakan sebanyak 300 tweet

English Abstract

In this modern era, communication can be done through various media, one of which is through online media, namely Twitter. Twitter is one of the social media that functions to exchange information and also express an opinion on something. Twitter posts that discuss presidential elections are the objects used in this study. To find out whether a sentiment has a positive or negative value, a sentiment analysis is needed as in this study. To analyze a sentiment, a method that can classify sentiments is needed, Maximum Entropy is the method used in this study with the evaluation method used is Confusion Matrix which will then calculate the value of Macro and Micro averaging from the evaluation value produced. The evaluation results carried out in this study resulted in quite high Macro accuracy values of 89.16% with precision and recall values of 100% and 89.16% and also Fmeasure values of 94.27%. Testing is done by testing 120 tweets and training data used as many as 300 tweets.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/135/05192305
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Twitter, Pemilihan Presiden, Maximum Entropy, Sentiment Analysis, Twitter, President Election, Maximum Entropy
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.75 Specific types of multimedia systems > 006.754 Online social networks
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 15 Jul 2020 08:06
Last Modified: 24 Oct 2021 04:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168965
[thumbnail of Alvandi Fadhil Sabily (2).pdf]
Preview
Text
Alvandi Fadhil Sabily (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item