Hudaifa, Dinda (2019) Evaluasi dan Perbaikan Aplikasi Mobile Malang Menyapa Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Malang Menyapa merupakan aplikasi mobile yang dirilis oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang dalam rangka pengembangan potensi budaya dan pariwisata Kota Malang. Aplikasi ini memiliki tujuh fitur utama, antara lain destinasi, shopping, hotel, food, oleh-oleh, travel serta entertainment. Aplikasi mobile Malang Menyapa telah diunduh sebanyak 5 ribu kali dan memiliki rating 4.3. Namun pengguna berpendapat bahwa aplikasi tersebut memiliki beberapa masalah, misalnya pada user interface kurang menarik serta pemilihan font dan desain konten dianggap tidak sesuai. Permasalahan lain berkaitan dengan maps aplikasi yang hanya menampilkan lokasi tujuan tanpa menampilkan jarak tempuh dan rute yang dapat diakses, tidak terdapat kolom pencarian serta tata letak kurang rapi dan membingungkan. Dengan mempertimbangkan permasalahan yang ada, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat usability aplikasi mobile Malang Menyapa. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan rekomendasi perbaikan serta mengetahui perbandingan tingkat usability sebelum dan sesudah dilakukan perbaikan. Penelitian ini menggunakan metode usability testing dan USE questionnaire. Responden yang dilibatkan terdiri dari tiga kelompok pengguna (teens, college students dan adults) dan diambil tiga orang perwakilan dari masing-masing kelompok. Pengujian dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pengujian awal dan pengujian akhir setelah dilakukan perbaikan. Langkah pertama, yaitu responden diminta untuk mengerjakan skenario tugas. Kemudian responden mengisi USE Questionnaire untuk mengetahui nilai usability pada aplikasi mobile Malang Menyapa dan hasilnya akan dianalisis. Langkah selanjutnya, melakukan wawancara kepada responden untuk mengetahui permasalahan yang dialami ketika menggunakan aplikasi. Setelah permasalahan didapatkan, maka akan diberikan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan nilai usability aplikasi. Untuk pengujian akhir (setelah dilakukan perbaikan), langkah yang dilakukan sama dengan pengujian awal dan hasilnya kemudian dibandingkan. Berdasarkan pengujian tersebut, diperoleh hasil berupa nilai usability pengujian awal sebesar 60.27% dengan predikat CUKUP. Sedangkan, pengujian akhir menghasilkan 73.68% dengan predikat BAIK.
English Abstract
Malang Menyapa is a mobile application released by the Malang City Culture and Tourism Service in order to develop the cultural and tourism potential of Malang City. This application has seven main features, including destinations, shopping, hotels, food, souvenirs, travel and entertainment. Malang Menyapa mobile application has been downloaded 5 thousand times and has a rating of 4.3. But users think that the application has a number of problems, for example the user interface is less attractive and font selection and content design are not appropriate. Another problem related to maps applications that only shows the destination location without showing distance and accessible routes, there is no search column and the layout is messy and confusing. By considering the existing problems, a study was conducted to determine the level of usability of the Malang Menyapa mobile application. In addition, this study aims to get improvement recommendations and to know the comparison of usability levels before and after improvement. This study used the usability testing and USE questionnaire methods. Respondents involved consisted of three user groups (teens, college students and adults) and three representatives from each group were taken. Tests are carried out twice, namely initial testing and final testing (after improvement). The first step is the respondent is asked to work on the task scenario. Then the respondents filled out the USE Questionnaire to find out usability values in the Malang Menyapa mobile application and the results will be analyzed. The next step, conducting interviews with respondents to find out the problems experienced when using the application. After the problem is obtained, recommendations for improvements will be given to increase the usability value of the application. For the final test (after improvements), the steps taken are the same as the initial test and the results are then compared. Based on testing, the result are usability value for initial testing is 60.27% with SUFFICIENT predicate. And the final test produced 73.68% with GOOD predicate.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2019/34/051902204 |
Uncontrolled Keywords: | usability, pengujian usability, kuesioner USE, aplikasi mobile Malang Menyapa-usability, usability testing, USE Questionnaire, Malang Menyapa Mobile Application |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 001 Knowledge > 001.4 Research > 001.43 Descrptive and experimental methods |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 18 Jul 2020 03:11 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 09:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168867 |
Preview |
Text
Dinda Hudaifa.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |