Analisis Jalur Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan (Studi Kasus di Bank BTN Cabang Pusat Malang)

Dewi, Shinta Kumala (2018) Analisis Jalur Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan (Studi Kasus di Bank BTN Cabang Pusat Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan ekonomi menyebabkan sektor perbankan perlu meningkatkan kinerja bank untuk mempersiapkan daya saing yang meningkat. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja bank adalah Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan SDM yang handal yaitu dengan cara meningkatkan kinerja karyawan. Pada penelitian ini, faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan yaitu gaya kepemimpinan servant, budaya organisasi, kepuasan kerja, dan kinerja karyawan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Penelitian ini dilaksanakan di Bank BTN Cabang Pusat Malang dengan responden sebanyak 44 orang yang diambil menggunakan metode proportional stratified random sampling. Berdasarkan penelitian ini, semua asumsi analisis jalur telah terpenuhi dengan keragaman data yang dapat dijelaskan oleh model sebesar 75,4% sedangkan 24,6% sisanya dijelaskan oleh variabel lain. Berdasarkan metode trimming, pengaruh langsung antara budaya organisasi dengan kinerja karyawan dihilangkan karena tidak signifikan. Variabel kepuasan kerja memiliki pengaruh total paling besar terhadap kinerja karyawan sebesar 0,581 sedangkan variabel budaya organisasi memiliki pengaruh total paling besar terhadap kepuasan kerja sebesar 0,482. Oleh karena itu, jika Bank BTN Cabang Pusat Malang ingin meningkatkan kinerja karyawan maka Human Resources Development (HRD) perlu meningkatkan kepuasan kerja karyawan.

English Abstract

Economic growth causes the banking sector to improve bank performance to prepare for increased competitiveness. One of the factors affecting bank performance is Human Resources (HR). Therefore, efforts needed to improve the reliable human resources that is by improving employee performance. In this study, the factors that affect employee performance are servant leadership style, organizational culture, job satisfaction, and employee performance. The analysis used in this research is path analysis. This research was conducted at Bank BTN Central Branch Malang with 44 respondents who were taken using proportional stratified random sampling method. Based on this research, all assumptions of path analysis have been fulfilled with the diversity of data that can be explained by the model of 75.4% while the remaining 24.6% is explained by other variables. Based on the trimming method, the direct influence between organizational culture and employee performance is eliminated because it is not significant. Job satisfaction variable has the greatest total effect on employee performance of 0,581 whereas organizational culture variable has the greatest total effect to job satisfaction equal to 0,482. Therefore, if Bank BTN Central Branch of Malang want to improve employee performance then Human Resources Development (HRD) need to improve employee job satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2018/38/051800863
Uncontrolled Keywords: Analisis jalur, budaya organisasi, kinerja karyawan, kepemimpinan servant, kepuasan kerja, dan SDM. Path analysis, organizational culture, employee performance, servant leadership, job satisfaction, and human resources.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.31 Elements of personnel management > 658.312 Conditions of employment, performance rating, utilization of personnel > 658.312 5 Performance rating (evaluation)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Jun 2020 13:34
Last Modified: 13 Sep 2022 01:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168682
[thumbnail of Shinta Kumala Dewi (2).pdf] Text
Shinta Kumala Dewi (2).pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item