Analisis Dinamik Model Dinamika Pelanggan dengan Kebijakan Pemasaran

Ilmi, Noraniza Bahrotul (2018) Analisis Dinamik Model Dinamika Pelanggan dengan Kebijakan Pemasaran. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini dibahas tentang analisis dinamik model dinamika pelanggan yang dikaji dalam dua kasus yaitu static social network dan word of mouth. Static social network adalah kondisi ketika tidak terjadi transisi antara Customer dan Referral, sedangkan word of mouth adalah kondisi ketika semua usaha pemasaran berhubungan dengan Referral. Analisis dinamik yang dilakukan meliputi penentuan titik kesetimbangan dan analisis kestabilan lokal titik kesetimbangan. Hasil analisis dinamik menunjukkan bahwa model dinamika pelanggan memiliki paling banyak tiga titik kesetimbangan. Model dinamika pelanggan untuk kasus static social network memiliki satu titik kesetimbangan yang bersifat stabil asimtotik lokal, sedangkan pada kasus word of mouth terdapat dua titik kesetimbangan yaitu titik kesetimbangan bebas pelanggan dan titik kesetimbangan dengan pelanggan. Kestabilan titik kesetimbangan ditentukan oleh angka reproduksi dasar yaitu . Jika 1 titik kesetimbangan bebas pelanggan stabil lokal. Jika > 1, maka titik kesetimbangan bebas pelanggan bersifat tak stabil sedangkan titik kesetimbangan dengan pelanggan bersifat stabil asimtotik lokal. Simulasi numerik yang dilakukan mendukung hasil analisis dinamik yang diperoleh.

English Abstract

This final project discusses about dynamical analysis of customer dynamic model based on marketing policy studied in two cases, static social network and word of mouth. Static social network is a condition when there is no transition between Referral and Customer. Word of mouth is a situation where all marketing efforts are related to Referral. Dynamical analysis is performed by finding the equilibria and analizing the stability of equilibria. Dynamical analysis shows that customer dynamic model has up to three equilibrium solutions. In case static social network has one equlibrium that locally asymtotically stable, while in word of mouth case there are two equilibrium, namely customer free equilibrium and an equilibrium with customer. The stability of equilibria is determined by the basic reproduction number . Customer free equilibrium is locally stable if 1, on the other hand if > 1 the customer free equilibrium becomes unstable and the equilibrium with customer is locally asymtotically stable. Numerical simulations are carried out to illustrate the theoretical result.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2018/59/051802754
Uncontrolled Keywords: model dinamika pelanggan, kestabilan titik kesetimbangan, static social network, word of mouth. customer dynamic model, local stability, static social network, word of mouth.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 515 Analysis > 515.3 Differential calculus and equations
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Jun 2020 09:56
Last Modified: 28 Oct 2021 03:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168526
[thumbnail of Noraniza Bahrotul Ilmi (2).pdf]
Preview
Text
Noraniza Bahrotul Ilmi (2).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item