Analisis Profitabilitas Dan Strategi Pemasaran Peternakan Ayam Petelur Di PT. Diamond Farm, Desa Kandangan, Kecamatan Srengat, Kabupaten

Candra, Sonia Claudia (2018) Analisis Profitabilitas Dan Strategi Pemasaran Peternakan Ayam Petelur Di PT. Diamond Farm, Desa Kandangan, Kecamatan Srengat, Kabupaten. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Subsektor peternakan merupakan salah satu bagian dari sektor pertanian yang berpotensi dikembangkan di Indonesia. Data dari BPS (2011) menyebutkan bahwa subsektor peternakan telah mampu memberikan kontribusi pada Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia atas dasar harga yang berlaku sebesar Rp 129,57 triliun atau sekitar 1,74% dari total PDB Indonesia. Hal ini mengindikasikan bahwa subsektor peternakan tidak kalah dengan sektor-sektor lainnya, baik sektor migas maupun non migas karena mampu berperan dalam membangun perekonomian di Indonesia melalui penyerapan jumlah tenaga kerja dan menambah devisa negara (Deptan, 2011). Usaha peternakan ayam petelur dalam skala besar membutuhkan sistem pemasaran yang baik untuk dapat mendistribusikan produknya kepada konsumen. Pemasaran merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan dan kelangsungan hidup peternak karena apabila terlur yang diproduksi tidak dapat dipasarkan tentunya akan mengakibatkan kerugian bagi peternak dan usaha tersebut tidak dapat berjalan dengan lancar. Pemasaran adalah sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran Pemasaran dalam suatu usaha memegang peranan yang sangat penting, karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan hidup suatu usaha, melakukan perkembangan terhadap usaha tersebut dan untuk mencapai tujuan usaha dalam memperoleh laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profitabilitas dan strategi pemasaran pada peternakan ayam petelur PT. Diamond Farm. Selain itu, mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas yang meliputi biaya pakan, biaya tenaga kerja, penerimaan, hingga pendapatan yang dihasilkan. Penelitian ini dilaksanakan pada 24 Agustus 2017 – 24 September 2017 di Desa Kandangan, Kec. Srengat , Kab. Blitar, Jawa Timur, Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawaancara langsung dan observasi. Data-data tersebut berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara langsung dengan responden yaitu manager dan tenaga kerja perusahaan yang berpedoman kuisioner. Data sekunder diperoleh dari catatan pembukuan pada PT. Diamond Farm 36 bulan terakhir (2016-2017) yang meliputi biaya pakan, biaya tenaga kerja, harga jual telur dan jumlah ternak. Ser Hasil penelitian analisi profitabilitas menunjukkan, pendapatan usaha peternakan ayam petelur PT. Diamond Farm adalah sebesar Rp 13.495.954.000 dalam satu periode pemeliharaan dengan total ayam yang dipelihara sebesar 100.000 ekor ayam. Berdasarkan hasil perhitungan Gross Profit Margin (GMP) sebesar 28,51, Persentase Net ProfiT Margin 18%, Persentase Return On Assets 24,4, Return On Equity 24,4 dan R/C 1,35. Hasil penelitian strategi pemasaran dengan menggunakan metode SWOT adalah Strenght (kekuatan) nilai skornya 1,8 dan faktor Weakness (kelemahan) nilai skornya 0,75 dengan total bobotnya 2,55. Selanjutnya analisis tabel EFAS menunjukkan bahwa faktor-faktor Opportunity (peluang) nilai skornya 1,7 dan faktor Threat (ancaman) nilai skornya 1,5 dengan total bobot skor 3,2. Jumlah nilai bobot internal 2,25 menunjukkan bahwa pemasaran telur ayam ras berada diatas rata-rata dalam kekuaran internal keseluruhan. Ini menunjukkan posisi internal pemasaran telur ayam ras kuat dimana perusahaan mampu memanfaatkan kekuatan yang dimiliki dan mengatasi kelemahan yang ada. Sedangkan nilai bobot eksternal 3,2 menunjukkan bahwa pemasaran telur ayam ras berada diatas rata-rata dari keseluruhan posisi nilai stratgisnya dalam usahanya untuk memanfaatkan peluang-peluang eksternal dan menghadapi ancaman. Strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk mempertahankan pemasaran telur PT, Diamond Farm yaitu dengan menjaga hubungan baik dengan mitra usaha, mengantisipasi naiknya harga bahan pakan dengan cara membeli bahan pakan saat harga murah dan menstabilkan harga telur.

English Abstract

PT. Diamond Farm which located in the village of Kandangan Village, Srengat Subdistrict, the Blitar Regency is one of the laying poultry farms, with number of approximately 100.000 population of chickens. The farm was founded in 1998. This study aims to determine the level of profitability based on Gross Profit Margin (GPM), Net Profit Margin (NPM), Return Of Assets (ROA), and Return Of Equity (ROE) and egg marketing strategies. The method used in this study is a qualitative research method by observation, interview and documentation. The result of the study showed that the average value of GPM in 2017 was 19,01% the average value of NPM was 17,11 % and the average of ROA was 21,13% and the average of ROE was 21,13%. The result of marketing strategy indicated that the farm business is quite profitable because the level of provitability is above of the industry average. Based on the result of internal analysis using IFE obtained a score of 2,25 and an external analysis result using EFE obtained a score of 3,2. The strategy that can be applied is maintain good relations with business partners, anticipate rising feed ingredients by buying feed ingredients at low price, and stabilize egg prices.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/563/051811324
Uncontrolled Keywords: profitability, marketing, strategy
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.5 Chickens and other kinds of domestic birds
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jul 2019 07:02
Last Modified: 16 Mar 2022 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168305
[thumbnail of 168305-Sonia Claudia Candra-2.pdf] Text
168305-Sonia Claudia Candra-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item