Penerapan Analisis Jalur Dengan Resampling Bootstrap Menggunakan Variabel Bauran Pemasaran Jasa Untuk Mengetahui Pengaruh Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Go-Jek Di Kota Malang (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Di Kota Malang)

Adi, Mukhammad Fahmi (2018) Penerapan Analisis Jalur Dengan Resampling Bootstrap Menggunakan Variabel Bauran Pemasaran Jasa Untuk Mengetahui Pengaruh Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Go-Jek Di Kota Malang (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Membangun loyalitas adalah cara paling efektif untuk mencapai pertumbuhan laba secara konstan bagi suatu perusahaan, dimana loyalitas itu akan terbentuk dari kepuasan pelanggan. Go-jek sebagai salah satu perusahaan jasa transportasi online di Kota Malang memerlukan suatu strategi pemasaran agar menciptakan pelanggan yang puas dan loyal. Pada penelitian ini faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan adalah melalui strategi bauran pemasaran jasa meliputi product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process. Penelitian ini dilaksanakan di PTN berbasis universitas di kota Malang dengan responden sebanyak 120 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik non-probability sampling dengan basis quota sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Hasil pengujian asumsi normalitas galat pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Loyalitas memiliki galat tidak berdistribusi normal, oleh karena itu pada penelitian ini pengujian hipotesis dilakukan dengan pendekatan bootstrap. Keragaman data yang dapat dijelaskan model dalam penelitian ini ialah sebesar 86,9% sedangkan sisanya sebesar 13,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model. Berdasarkan metode trimming, pengaruh langsung place, promotion dan physical evidence terhadap kepuasan dihilangkan karena tidak signifikan.

English Abstract

Building a.costumer loyalty is the most effective way to achieve the consistent profit growth of companies, where customer loyalty will be formed from customer satisfaction. Go-jek as one of the online transportation service company in Malang City willing to make satisfied and loyal customers. In this study, the factors that influence customer satisfaction and loyalty are through the marketing mix strategy including product, price, place, promotion, person, physical proof and process. This research was conducted with university-based in Malang City with 120 respondents using non-probability sampling technique with quota sampling and convenience sampling. The analysis in this research is path analysis. The results of assumption normality test in this study indicates that the residual is not normally distributed, therefore in this research the test of hypothesis is done with the bootstrap approach The diversity of data that can be used in this research model is 86.9% while the remaining 13.1% compared with other models. Based on the method's pruning, direct place influence, promotion and physical evidence against satisfaction are omitted because it is not significant. The results of the error normality test in this study indicate that Loyalty variable has no normal distribution error. After bootstrapping resampling on the data with the data produce data that is normally distributed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2018/369/051807422
Uncontrolled Keywords: Analisis Jalur, Bootstrap, Bauran Pemasaran Jasa, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan Path Analysis, Bootstrap, Marketing Mix, Customer Satisfaction, Customer Loyalty
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Jun 2020 02:07
Last Modified: 18 Oct 2021 04:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168169
[thumbnail of Mukhammad Fahmi Adi   (2).pdf]
Preview
Text
Mukhammad Fahmi Adi (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item