Pengaruh Penggunaan Western Model sebagai Brand Ambassador terhadap Sikap Pada Iklan dan Dampaknya terhadap Minat Beli (Survei Online Minat Beli Produk Kosmetik Maybelline New York di Indonesia)

Darwati, Anik Mei (2018) Pengaruh Penggunaan Western Model sebagai Brand Ambassador terhadap Sikap Pada Iklan dan Dampaknya terhadap Minat Beli (Survei Online Minat Beli Produk Kosmetik Maybelline New York di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan ketatnya persaingan bisnis, pemasar dari perusahaan kosmetik multinasional seringkali menerapkan strategi pemasaran dengan menampilkan model Barat (Western model) dalam kampanye periklanan sekaligus sebagai brand ambassador. Hal tersebut adalah salah satu cara pemasar untuk meraih persepsi global dari sebuah merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model Barat sebagai seorang brand ambassador kosmetik Maybelline New York terhadap sikap konsumen pada iklan dan minat pembelian produk. Penelitian ini dilakukan di Indonesia dan menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode survei online melalui pembagian kuesioner menggunakan aplikasi internet kepada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah pria atau perempuan berusia minimal 18 tahun yang mengetahui merek Maybelline New York, mengetahui brand ambassador Maybelline New York (Gigi Hadid), dan pernah melihat iklan Maybelline New York yang menampilkan Gigi Hadid. Penelitian ini menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling, dengan total sampel 118 orang responden. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) variabel brand ambassador terbukti berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap sikap pada iklan dengan nilai thitung 8,726 dan probabilitas sebesar 0,000; (2) variabel brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan nilai thitung 4,695 dan probabilitas sebesar 0,000; serta (3) variabel sikap pada iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan thitung 4,837 dan probabilitas sebesar 0,000. Hasil indirect effect adalah sebesar 0,254 dan angka tersebut menunjukkan bahwa variabel sikap pada iklan berperan dalam hubungan antara variabel brand ambassador dan minat beli.

English Abstract

Along with the intense business competition, marketers from multinational cosmetic companies often feature Western model in their advertising campaign as well as a brand ambassador. This is a way for marketers to gain a global perception of a brand. The purpose of this research is to find out the influence of Western model as a brand ambassador of Maybelline New York cosmetic on consumer’s attitude towards the advertisement and intention in purchasing the products. This research was conducted in Indonesia and used explanatory research with quantitative approach. Data collection method used is online survey method through distribution of questionnaires by internet applications to respondents. The population in this research are male and female of at least 18 years old who know Maybelline New York brand, knowing brand ambassador of Maybelline New York (Gigi Hadid), and have seen a Maybelline New York advertisement featuring Gigi Hadid. This research used purposive sampling technique with total sample 118 respondents. The data analysis techniques used in this research are descriptive analysis and path analysis. The result of this research indicate: (1) brand ambassador proved to have direct and significant effect on attitude towards advertisement with tvalue 8,726 and the probability value is 0,000; (2) brand ambassador have positive and significant effect on purchase intention with tvalue 4,695 and the probability value is 0,000; and (3) attitude towards the advertisement have positive and significant effect on purchase intention with tvalue 4,837 and the probability value is 0,000. The result of indirect effect is 0,254 and this number indicates that the variable of attitude towards the advertisement plays a role in the relationship between the variable of brand ambassador and purchase intention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1234/051902013
Uncontrolled Keywords: western model, brand ambassador, model barat, sikap pada iklan, minat beli-western model, brand ambassador, attitude towards the advertisement, purchase intention.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 May 2020 06:44
Last Modified: 14 Oct 2022 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167898
[thumbnail of Anik Mei Darwati.pdf] Text
Anik Mei Darwati.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item