Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Menginap Wisatawan (Survei pada Tamu Hotel yang Menginap di Hotel Kartika Graha Malang)

-, Alviana (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Menginap Wisatawan (Survei pada Tamu Hotel yang Menginap di Hotel Kartika Graha Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Menginap Wisatawan; (2) Variabel yang paling berpengaruh terhadap Kepuasan Menginap Wisatawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Wisatawan Menginap. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang menginap di Hotel Kartika Graha Malang. Sampel sebanyak 113 orang responden yang diambil dengan teknik accidential sampling dengan metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskripsi dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa: (1) Semua variabel bebas dari kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati mempunyai pengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kepuasan menginap wisatawan di Hotel Kartika Graha Malang; (2) Bukti fisik dan jaminan pada kualitas pelayanan mempunyai pengaruh secara parsial dan signifikan dalam memberikan kepuasan menginap pada wisatawan. Sedangkan faktor lainnya seperti keandalan, daya tanggap, dan empati berpengaruh secara parsial tetapi tidak signifikan dam memberikan kepuasan menginap bagi wisatawan di Hotel Kartika Graha Malang; (3) Jaminan memiliki pengaruh yang paling dominan dalam memberikan kepuasan menginap bagi wisatawan di Hotel Kartika Graha Malang.

English Abstract

This study aims to find out and explain: (1) the influence of Service Quality on Tourist Stay Satisfaction; (2) Variables that have the most influence on Tourist Stay Satisfaction. This type of research is explanatory research with a quantitative approach. The variables in this study are Service Quality and Tourist Satisfaction Stay. The population in this study were guests who stayed at Hotel Kartika Graha Malang. Samples of 113 respondents were taken by accidential sampling technique with data collection methods using questionnaires. Data analysis using description analysis and multiple linear regression analysis. The results of multiple linear regression analysis showed that: (1) All independent variables of service quality consisting of physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, and empathy have a simultaneous and significant influence on tourist stay satisfaction at Hotel Kartika Graha Malang; (2) Physical evidence and guarantees on service quality have a partial and significant influence on tourist stay satisfaction. Whereas other factors such as reliability, responsiveness, and empathy have partial influence but are not significant on tourist stay satisfaction at the Kartika Graha Malang Hotel; (3) Guarantees have the most dominant influence on tourist stay satisfaction at Hotel Kartika Graha Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1233/051902012
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Menginap Wisatawan-Service Quality, Tourist Stay Satisfaction.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 May 2020 12:47
Last Modified: 07 Feb 2023 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167897
[thumbnail of Alviana.pdf] Text
Alviana.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item