Hubungan Tingkat Pendidikan dengan Kepuasan Pelayanan Kefarmasian Pendidikan Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan di Instalasi Farmasi RSUD Dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan.

Asyriyah, Faridatul (2018) Hubungan Tingkat Pendidikan dengan Kepuasan Pelayanan Kefarmasian Pendidikan Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan di Instalasi Farmasi RSUD Dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit merupakan salah satu unit pelayanan yang ada di rumah sakit. Kepuasan pasien terhadap pelayanan dapat mempengaruhi ekspektasi pasien terhadap pelayanan, khususnya pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dengan kepuasan pelayanan kefarmasian pasien rawat jalan peserta BPJS Kesehatan di Instalasi Farmasi RSUD Dr.R. Soedarsono Kota Pasuruan. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasional analisis dengan rancangan cross sectional yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner kepuasan yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang pasien rawat jalan atau pengantarnya yang sedang menebus resep dan sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Uji korelasi pada penelitian ini menggunakan uji Spearman. Didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan pasien rawat jalan dan kepuasan pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD Dr.R.Soedarsono Kota Pasuruan (p=0,000) dengan korelasi lemah (0,278). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan kepuasan pelayanan kefarmasian pasien rawat jalan peserta BPJS Kesehatan di Instalasi Farmasi RSUD Dr.R. Soedarsono Kota Pasuruan.

English Abstract

Pharmacy service is one of services that should be provided at hospital. Patient's satisfaction on service can influence patient expectation to service, specially service at Hospital Pharmacy Installation. This study aimed to determine the relationship between satisfaction of out patient pharmacy service participant BPJS Health in Pharmacy Installation RSUD Dr.R. Soedarsono Pasuruan City. This research was conducted by observational method of analysis with cross sectional design done by using satisfaction questionnaire that have been tested for validity and reliability. The number of samples used were 100 outpatients or their introduction that is redeeming recept and in accordance with inclusion and exclusion criteria. Test of correlation in this research using Spearman test. The result shows that there is a significant correlation between outpatient education level and pharmacy service satisfaction in Pharmacy Installation of RSUD Dr.R.Soedarsono Pasuruan (p = 0,000) with weak correlation (0,278). From the results of this study can be concluded that there is a relationship between the level of education with the satisfaction of pharmacy services outpatient participants BPJS Health in Pharmacy Installation RSUD Dr.R. Soedarsono Pasuruan City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2018/332/051808230
Uncontrolled Keywords: tingkat pendidikan, kepuasan pelayanan, Instalasi Farmasi Rumah Sakit-education level, service satisfaction, Hospital Pharmacy
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 06 Nov 2019 02:29
Last Modified: 06 Nov 2019 02:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167684
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item