Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Dengan Tingkat Kepatuhan Terhadap Pengobatan Pada Pasien Hipertensi Di Apotek Kota Malang

Rosyada, Almira Naafi (2018) Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Dengan Tingkat Kepatuhan Terhadap Pengobatan Pada Pasien Hipertensi Di Apotek Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hipertensi adalah salah satu penyakit kardiovaskular. Penyakit ini diperkirakan telah menyebabkan 4,5% beban penyakit secara global. Hipertensi dapat mengakibatkan komplikasi seperti gagal jantung,gagal ginjal maupun penyakit serebrovaskular. Penyakit ini memerlukan biaya pengobatan yang tinggi dikarenakan ada penggunaan obat secara jangka panjang. Kepatuhan dari seorang pasien merupakan faktor utama penentu dari suatu keberhasilan terapi. Kepatuhan serta adanya pemahaman pasien yang baik dalam menjalankan terapi dapat mempengaruhi tekanan darah pasien dan mencegah terjadi adanya komplikasi. Pengetahuan pasien tentang hipertensi dan terapi yang dilakukannya dibutuhkan dalam mencapai kepatuhan yang lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan tingkat kepatuhan pasien hipertensi di Apotek kota Malang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner untuk mengukur pengetahuan menggunakan modifikasi Hypertension Knowledge-Level Scale dan kuesioner kepatuhan menggunakan Morisky Medication Adherence Scale yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan rancangan penelitian observasional analitik dengan metode cross – sectional yaitu pengukuran variabel pada saat itu juga. Sampel penelitian adalah 80 pasien hipertensi di Apotek kota Malang, dan telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yang sudah ditetapkan. Pada tiap kecamatan dipilih apotek yang sesuai dengan definisi operasional. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa nilai korelasi antara tingkat pengetahuan dan tingkat kepatuhan pasien 0,000. Yang menunjukkan signifikan (p<0,05) sehingga dapat dinyatakan bahwa ada hubungan positif antara tingkat pengetahuan dengan tingkat kepatuhan terhadap pengobatan pada pasien hipertensi di Apotek Kota Malang.

English Abstract

Hypertension is one of cardiovascular disease. It was estimated that hypertension caused around 4.5% of global illness weight. Hypertension is the main root of complication such as heart failure, renal failure and cerebrovascular diseases. This disease required high treatment cost caused by long term drug use. Patient's adherence as well as their knowledge about the illness influenced patient's blood pressure and prevent complications. Patient's knowledge concerning hypertension and its' therapy is required to attain higher adherence. The goal of this study is to determine the correlation between hypertension patient's knowledge level to their adherence level at Malang city pharmacies. Instruments used for this study was questionnaire to calculate patient's knowledge using modified Hypertension Knowledge-Level Scale, and adherence questionnaire using Morisky Medication Adherence scale validated and tested on its' reliability. This study used observational analytic with cross-sectional method. Study’s samples involved were 80 patients with hypertension at Malang city’s pharmacy whom fulfilled inclusion and exclusion criteria set. For each district, a pharmacy was chosen accordingly to operational definition. Statistical analysis shown the correlation value between knowledge level and adherence level at 0,000, that is significant (p< 0,05). It could be concluded that there is positive correlation between knowledge level and adherence level to patients’ hypertension treatment at Malang City’s pharmacy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2018/472/051900051
Uncontrolled Keywords: hipertensi, Hipertensi, pengetahuan, kepatuhan-hypertension, , knowledge, compliance
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.1 Diseases of cardiovascular system > 616.13 Diseases of blood vessels
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 06 Nov 2019 06:18
Last Modified: 21 Oct 2021 08:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167355
[thumbnail of Almira Naafi Rosyada (2).pdf]
Preview
Text
Almira Naafi Rosyada (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item