Maromi, Tri Khusniyatul (2018) Pengaruh Terapi Bermain Game Edukatif Berbasis Smartphone terhadap Penurunan Regresi pada Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) yang Menjalani Hospitalisasi Di RSUD Kanjuruhan Kepanjen Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pendahuluan : Anak yang menjalani hospitalisasi akan mengalami trauma akibat perubahan lingkungan dan prosedur medis. Hospitalisasi dapat menimbulkan dampak bagi anak. Salah satunya adalah regresi, yaitu mundurnya tahap perkembangan yang telah dicapai ketahap perkembangan sebelumnya. Pemberian terapi bermain game edukatif pada smartphone bisa menjadi salah satu intervensi yang diberikan kepada anak selama hospitalisasi, sehingga memberikan efek relaksasi pada tubuh anak dan dapat membantu meminimalisir respon regresi Tujuan : Mengetahui pengaruh terapi bermain game edukatif berbasis smartphone terhadap penurunan regresi pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) yang menjalani hospitalisasi Metode : Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan pendekatan pretest-posttest non equivalent control group design yang memberikan terapi bermain game edukatif berbasis smartphone pada kelompok intervensi, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan terapi bermain. Besar sample penelitian 44 responden yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kontrol dan intervensi. Data diambil menggunakan kuesioner dan dianalisa menggunakan uji Dependen dan Independent T-test Hasil : Pada kelompok kontrol dari hasil Uji dependent T-test diperoleh p-value (0,492>0,05) yang artinya tidak ada perbedaan yang signifikan pada hasil pretest dan posttest. Sedangkan pada kelompok intervensi dari hasil Uji dependent diperoleh p-value (0,000<0,05) yang mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil pretest posttestnya. Dan pada hasil Uji independent T-test nilai (p-value<0,05) sehingga disimpulkan ada pengaruh setelah diberikan terapi bermain game edukatif berbasis smartphone pada penurunan regresi anak Kesimpulan : Dari hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh pemberian terapi bermain game edukatif berbasis smartphone terhadap penurunan regresi anak usia prasekolah (4-6 tahun) yang mengalami hospitalisasi di RSUD Kanjuruhan Kepanjen Malang
English Abstract
Background : Children who undergo hospitalization will experience trauma due to environmental changes and medical procedures. Hospitalization can have an impact on the child. One of them is regression, namely the retreat stage of development that has been achieved to earlier stages of development. Giving therapy to educational gaming on smartphone could be one of the intervention given to children during hospitalization, thus providing a relaxing effect on the child's body and can help minimize regression response. Aim : Determine the effect of smartphone-based educational game therapy on decreasing regression at preschool children (4-6 years) who underwent hospitalization Methods : This research uses quasi experimental design with pretest-posttest approach non equivalent control group design that delivers educational game play therapy-based smartphone in the intervention group, while the control group play therapy is not given. Large sample studies 44 respondents are divided into two groups, control and intervention. Data taken using a questionnaire and analyzed using the dependent and the Independent T-test. Results : The control group of the dependent T-test obtained p-value (0.492>0.05) which means there is no significant difference in pretest and posttest results. While in the intervention group of dependent T-test obtained p-value (0,000<0.05) which indicates that there are significant differences in pretest posttest results. And on the result of independent test T-test (p-value <0,05) so concluded there is influence after given game-based educational game based on smartphone to decrease of child regression. Conclusion : From result of data analysis show existence of influence of giving of game-based educational game based on smartphone to decrease regression of preschool age children (4-6 years old) who have hospitalization in Regional Hospital Kanjuruhan Kepanjen Malang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2018/172/051805413 |
Uncontrolled Keywords: | Game edukatif berbasis smartphone, Regresi, Anak Prasekolah (4-6 tahun), Hospitalisasi / Educative Game-based smartphone, Regression, Preschoolers (4-6), Hospitalisasi |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.8 Diseases of nervous system and mental disorders > 616.89 Mental disorders > 616.891 Therapy |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 01 Nov 2019 07:59 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 09:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167212 |
![]() |
Text
Tri Khusniyatul Maromi1, (2).pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |