Syam, Sholeh (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Dalam Memahami Teks Eksplanasi Bagi Siswa Kelas Viii Smp. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu alat yang digunakan dalam menyampaikan informasi, pesan dan gagasan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran articulate storyline dalam memahami teks eksplanasi bagi siswa kelas VIII SMP. Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran teks eksplanasi berbasis multimedia. Penelitian ini dilakukan di SMPN 5 Sidoarjo dengan mempertimbangankan kebutuhan guru dan siswa. Dari hasil kebutuhan tersebut, diperoleh bahwa guru masih kurang dan belum menggunakan media pembelajaran articulate storyline, sehingga penelitian ini mengembangkan produk yang belum ada menjadi ada. Produk ini nantinya akan memberikan inovasi baru dalam penggunaan media, serta meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan R2D2 (Recursive, Reflective, Design, and Development) yang dikembangkan oleh Willis dan Wright (2000). Model R2D2 terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap fokus penetapan, tahap fokus penentuan desain dan pengembangan, dan tahap fokus penyebarluasan. Data penelitian ini berupa data angka (nonverbal) dan data deskripsi kalimat (verbal). Data nonverbal diperoleh dari hasil angket analisis kebutuhan yang diisi oleh guru dan siswa, serta data angket dari validator. Hasil validasi ahli media data nonverbal, dilihat dari aspek kesesuaian media dengan tujuan memperoleh persentase 100%, aspek kesesuaian media dengan tujuan memperoleh persentase 80%, dari segi aspek kualitas fisik media 78%, dan kualitas teknik dan pemanfaatan media 80%. Hasil analisis keseluruhan validasi menghasilkan persentase 84%. Pada hasil data verbal tidak terdapat saran dan komentar yang perlu direvisi. Jadi, dari validasi ahli media produk sudah dapat diimplementasikan. Hasil validasi ahli materi, dilihat pada aspek isi media memperoleh persentase 100%, dan aspek pemanfaatan media memperoleh persentase 92%. Analisis data nonverbal keseluruhan memperoleh persentase 96%. Hasil data verbal menunjukkan bahwa produk ini sudah layak dan siap untuk diimplementasikan. Hasil validasi praktisi atau guru, dilihat dari aspek materi memperoleh persentase 89%, dan aspek kualitas fisik dan teknik media 90%. Analisis keseluruhan aspek diperoleh persentase 89%. Hasil analisis keseluruhan uji coba produk yang dilakukan di SMPN 5 Sidoarjo pada kelas VIII-8 menghasilkan persentase 89%yang berarti produk ini valid. Jadi, berdasarkan uji coba yang telah dilakukan produk ini termasuk dalam kualifikasi valid dan dapat digunakan sebagai inovasi pengembangan media pembelajaran.
English Abstract
This study develops the articulate storyline learning media in understanding explanatory texts for class VIII SMP students . The aim of this development is to produce a product in the form of multimedia -based explanatory text learning media . This research was conducted in SMPN 5 Sidoarjo takes into account the needs of teachers and students. From the results of these requirements, obtained sump w a teacher is still lacking and not using instructional media articulate storyline, so this research to develop a product that does not exist into existence. This product will later provide new innovations in media use, as well as increase students' motivation to learn. This elitian Pen development model R2D2 (Recursive, Reflective, Design, and Development)developed by Willis and Wright (2000). The R2D2 model consists of three stages, namely the focus stage of the designation, the focus stage of determining design and development, and the focus stage of dissemination. This research data is in the form of numerical data (nonverbal) and sentence description data (verbal). Nonverbal data obtained from the results of a needs analysis questionnaire filled in by teachers and students, as well as questionnaire data from the validator. The results of nonverbal data media expert validation, seen from the aspect of media suitability with the aim of obtaining a percentage of 100%, the media suitability aspect with the aim of obtaining a percentage of 80 % , in terms of the physical quality aspects of the media 78 % , and technical quality and media utilization 80% . The results of the overall validation analysis yielded a percentage of 84 %. On the results of verbal data there are no suggestions and comments that need to be revised. So, from the expert media validation the product can already be implemented. The results of expert validation of material, seen on the content aspect m edia earn a percentage of 100%, and the aspect of media utilization percentage gain 9 2%. Analysis of overall nonverbal data obtained a percentage of 9 6 %. Verbal data results indicate that this product is feasible and ready to be implemented. The results of the practitioner's or teacher's validation, viewed from the aspect of the material obtained a percentage of 89 %, and aspects of physical quality and media techniques 90 %. Analysis of the overall aspects obtained by the percentage of 89%. The results of the overall analysis of product trials carried out at SMPN 5 Sidoarjo in class VIII-8 produces a percentage of 89 % which means this product is valid. So, based on the trials that have been carried out this product is included in a valid qualification and can be used as an innovation in the development of learning media
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2018/403/051812142 |
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, penelitian pengembangan, memahami teks eksplanasi, articulate storyline / Media learning, development research, understanding explanatory text , articulate storyline |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 19 Apr 2020 23:20 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 06:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166837 |
Text
Sholeh Syam.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |