Evaluasi user experience pada game PUBG MOBILE menggunakan metode cognitive walkthrough

Akbar, Revianda Amrullah (2018) Evaluasi user experience pada game PUBG MOBILE menggunakan metode cognitive walkthrough. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PUBG MOBILE merupakan game First-Person Shooter dan Third-Person Shooter yang baru saja rilis pada tanggal 19 Maret 2018. Game ini termasuk kategori jenis game yang baru pada platform mobile sehingga berpotensi memiliki user baru. Pengalaman pengguna (user experience) sangat penting untuk kesuksesan sebuah game di pasaran, terutama pada jenis aplikasi yang baru saja dirilis. Sistem yang dirancang dengan tidak baik dan tidak mudah digunakan akan membuat pengguna kesulitan mempelajari dan mengoperasikannya, sehingga akan menjadikan sistem tersebut jarang digunakan. Agar bisa mendapatkan user experience yang baik, maka perlu dilakukan sebuah evaluasi. Metode COGNITIVE WALKTHROUGH adalah metode evaluasi user experience dimana evaluator memberi tugas berbasis skenario dan beberapa pertanyaan kepada pengguna game untuk menemukan masalah yang mengganggu proses pembelajaran. Metode ini cocok digunakan pada sistem yang baru saja dirilis karena dapat menggali proses kognitif pengguna ketika pertama kali menggunakan sistem. Responden yang digunakan pada penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 3 responden yang belum pernah memainkan game PUBG MOBILE dan 3 orang yang sering memainkan game PUBG MOBILE dan sering memainkan game dengan genre yang serupa. Hasil evaluasi pada game PUBG MOBILE menunjukkan masalah banyak terjadi karena tampilan sulit dimengerti (text and icon) pada tugas ketika pengguna mempelajari tentang senjata didalam game. Akan tetapi, permasalahan yang muncul adalah permasalahan yang ringan dan tidak mempengaruhi fungsi utama dalam game.

English Abstract

PUBG MOBILE is a First-Person Shooter and Third-Person Shooter game that was just released on March 19, 2018. This game including to the category of new game on the mobile platform so that it has the potential to have new users. User Experience is very important for the success of a game on the market, especially on the type of application that has been released. The system that are not well designed and not easy to use will make it difficult for users to learn and operate them, so that they will rarely be used. In order to get a good user experience, an evaluation is a necessary. The COGNITIVE WALKTHROUGH method is a user experience evaluation method when evaluator provide scenario-based assignment and several questions to game users to find problems that interfere with the learning process. This method is suitable for the system that was just released because it can explore the cognitive processes of users when they first use the system. Respondents used in this study were divided into two groups, namely 3 respondents who had never played PUBG MOBILE games and 3 people who often played PUBG MOBILE games and often played games with similar genres. The evaluation results in the PUBG MOBILE game show that many problems occur because the display is difficult to understand (text and icon) on the task when the user learns about weapons in the game. However, problems that arise are problems that won’t affect the main functions of the game.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/888/051900239
Uncontrolled Keywords: PUBG MOBILE, User Experience, COGNITIVE WALKTHROUGH
Subjects: 700 The Arts > 794 Indoor games of skill > 794.8 Electronic games > 794.807 2 Computer games--research
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Apr 2020 14:34
Last Modified: 18 May 2022 07:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166709
[thumbnail of Revianda Amrullah Akbar.pdf] Text
Revianda Amrullah Akbar.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item