Pengaruh Country of Origin dan Online Consumer Review terhadap Trust dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 Tahun Akademik 2017/2018 pembeli produk Oppo Smartphone)

Kanitra, Althaf Revi (2018) Pengaruh Country of Origin dan Online Consumer Review terhadap Trust dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 Tahun Akademik 2017/2018 pembeli produk Oppo Smartphone). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui pengaruh country of origin terhadap trust; (2) untuk mengetahui pengaruh online consumer review terhadap trust; (3) untuk mengetahui pengaruh country of origin terhadap keputusan pembelian; (4) untuk mengetahui pengaruh online consumer review terhadap keputusan pembelian; (5) untuk mengetahui pengaruh trust terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 116 responden yang merupakan mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 Tahun akademik 2017/2018 yang mengetahui negara asal dan pernah melihat video review produk secara online serta pernah membeli produk Oppo Smartphone. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path Analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) adanya pengaruh yang signifikan dari variabel country of origin terhadap variabel trust; (2) adanya pengaruh signifikan dari variabel online consumer review terhadap variabel trust; (3) adanya pengaruh yang signifikan dari variabel country of origin terhadap variabel keputusan pembelian; (4) adanya pengaruh signifikan dari variabel online consumer review terhadap variabel keputusan pembelian; (5) adanya pengaruh signifikan dari variabel trust terhadap variabel keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan diharapkan pihak perusahaan Oppo Smartphone dapat lebih memperhatikan dan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan country of origin dan online consumer review, diantaranya dengan cara memahami dan meningkatkan kegiatan iklan atau promosi dengan memanfaatkan media sosial seperti YouTube secara lebih optimal untuk menguatkan identitas negara asal dan juga menampilkan konsep online consumer review yang sesuai dengan produk perusahaan, sehingga kepercayaan konsumen terhadap produk semakin kuat dan Keputusan Pembelian akan semakin baik.

English Abstract

This research aims to: (1) determine the effect of country of origin on trust; (2) determine the effect of online consumer review on trust; (3) determine the effect of country of origin on purchasing decision; (4) determine the effect of online consumer review on purchasing decision (5) determine the effect of trust on purchasing decision. This type research used explanatory research with quantitative approach. The sample was 116 Undergraduate Student of Administrative Sciences Faculty, Brawijaya University batch 2015/2016 and 2016/2017 Academic Year 2017/2018 buyer of Oppo Smartphone Product. Data collection methods used in this research was a questionnaire. Data analysis techniques used in this research are descriptive statistical analysis and path analysis. The results of this research indicate: (1) the significant influence from country of origin on trust; (2) the significant influence from online consumer review on trust; (3) the significant influence from country of origin on purchasing decision; (4) the significant influence from online consumer review on purchasing decision; (5) the significant influence from trust on purchasing decision. Based on the result of this research, Oppo smartphone companies expected can more attention and learn matters relating to the country of origin and online consumer review, by way of understanding and improving advertising or promotional activities by utilizing social media such as YouTube for more optimal to strengthen the identity of the country of origin and also showing the concept of online consumer review that match the company product, so that consumer trust on product more powerful and purchasing decisions will be the better.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/744/051809160
Uncontrolled Keywords: Country of Origin, Online Consumer Review, Trust, Keputusan Pembelian Country of Origin, Online Consumer Reviews, Trust, Purchasing Decisions
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.75 Specific types of multimedia systems > 006.754 Online social networks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Nov 2019 03:32
Last Modified: 16 Oct 2021 06:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166380
[thumbnail of Althaf Revi Kanitra.pdf]
Preview
Text
Althaf Revi Kanitra.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item