Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Media Kubus Bergambar Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Mojosari

Sari, Wika Novita (2018) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Media Kubus Bergambar Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Mojosari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hasil oservasi menemukan bahwa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII pokok materi menulis puisi, guru kurang memanfaatkan media pembelajaran. sehingga hal tersebut mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa. Selain itu faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswadalam menulis puisi adalah kesulitan mengemangkatan kata (diksi). Dari nilai standar ketuntasan minimum yang ditetapkan sebesar 75 secara keseluruhan siswa belum mampu mencapai target yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media kubus bergambar dan mendeskripsikan penyajian media sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) mengenai peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menerapkan media kubus bergambar. Penelitian dilakukan di Smp Negeri 2 Mojosari. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Smp Negeri 2 Mojosari dengan jumlah 32 siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan tidak maksimalnya proses pembelajaran menulis puisi. Siswa kelas VII mengalami kesulitan mengembangkan kata-kata (diksi) dan siswa merasa bosan dengan media dan metode yang diterapkan guru pada saat pembelajaran. Atas dasar itu diadakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan media kubus bergambar pada pembelajaran menulis puisi. Media tersebut dapat membantu siswa mengungkapkan gagasan idedengan secara terbuka. Penelitian ini menggunakan teknik tes, nontes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Di setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I hasilnya belum mencapai target yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan menulis puisi siswa mengalami peningkatan pada tahap prasiklus sebesar 64,09%, pada siklus I sebesar 64,45%, dan pada siklus II sebesar 85,93%. Dilihat dari hasil tes menulis puisi pada siklus I diketahui 8dari 32 siswa telah mencapai nilai KKM (75) dengan persentase ketuntasan 25% kemudian pada siklus II diketahui 32 dari 32 siswa telah mencapai nilai KKM (75) dengan persentase ketuntasan 100%.

English Abstract

Observations show that in the Indonesian Language learning process for grade VII’s with the main material of poetry-writing, teachers do not use learning media sufficiently, therefore affecting the overall results of the students’ learning. Another factor which affects the students’ results in poetry-writing is the students’ inadequate ability of choosing the right dictions. The overall students cannot yet passthe target of the determined minimum passing grade of 75. The aim of this research is to describe the increase of the students’ poetry-writing skills using pictorial cubes as the media, and to describe the media usage as a learning media to increase the students’ ability in poetry-writing. This study is a classroom action research on the increase of poetry-writing skills using the pictorial cubes media and is done at Public Junior High School 2 Mojosari. The subject of this study is all of the grade 7 students of Public Junior High School 2 Mojosari, with the total of 32 students. The background of this research is a problem, that the process of poetry-writing lesson does not go maximally. Grade seven students have the difficulty in developing words (dictions) and they are bored with the media and the methods used by the teachers during class. Based on this condition, the writer chooses to implement the pictorial cubes media in the learning process of poetry-writing. This media may help the students express ideas openly. This research uses the techniques of testing, noting, and documentation. There are two cycles of this test. In each cycle, the researcher plans, implements, observes, and reflects. The first cycle didn’t yet reach the determined target. Results show that the students’ average ability experienced an increase, from the pre-cycle score of 64,09%, followed by 64,45% in the first cycle, and lastly 85,93% in the second cycle. Results of the poetry-writing test in cycle 1, it is shown that 8 out of 32 students passed the determined passing grade (75), with the passing percentage of 25%. Then, in the second cycle, 32 out of 32 students passed the passing grade, with the passing percentage of 100%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/343/051806726
Uncontrolled Keywords: kubus bergambar, menulis puisi, dan pembelajaran menulis / pictorial cubes, poetry-writing, and writing lessons
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.3 Methods of instruction and study > 371.302 81 Techniques of study
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Aug 2019 03:53
Last Modified: 28 Aug 2019 03:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166324
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item