Putri, Priscilla Perdana (2018) Pemaknaan Kecantikan Perempuan Indonesia Melalui Iklan Clean & Clear Versi "Mine Mine Mine". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia merupakan negara multikultural yang terdiri Bari berbagai suku bangsa, ras dan etnis sehingga menciptakan keberagaman dalam masyarakat. Salah satu keberagaman tersebut adalah bentuk fisik, khususnya bentuk wajah dimana setiap suku, ras dan etnis memiliki karakteristik wajah tersendiri yang menjadi ciri khan. Deegan hadirnya iklan-iklan produk kecantikan di Indonesia menciptakan suatu standar kecantikan wajah yang ideal dan mengarah pada keseragaman bentuk. Namun, iklan Clean & Clear versi "Mine Mine Mine" menyuguhkan sesuatu yang berbeda dengan menggunakan model-model yang memiliki beragam karakteristik wajah. Sehingga penting untuk melihat bagaimana pemaknaan khalayak mengenai konsep cantik sebelum dan sesudah melihat iklan Clean & Clear versi "Mine Mine Mine" yang tidak menampilkan model dengan bentuk wajah yang sesuai dengan standar kecantikan ideal. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Resepsi dengan menghadirkan delapan informan perempuan dan delapan informan laki-laki. Data dikumpulkan melalui FGD (Focus Group Discussion) yang dilakukan secara terpisah antara informan laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian menunjukan pemaknaan atas konsep kecantikan antara informan laki-laki dan perempuan menunjukan adanya kesamaan dan dapat digolongkan menjadi tiga kelompok yakni cantik merupakan sesuatu yang tampak dari penampilan luar (outer beauty), sesuatu yang terpancar dari dalam (inner beauty) dan penggabungan dari dalam dan luar (inner beauty dan outer beauty). Selain itu, ciri-ciri fisik perempuan cantik yang disebutkan oleh informan perempuan dan laki-laki juga menunjukan basil yang serupa yakni sebagian besar termasuk ke dalam kriteria kecantikan ideal yang selama ini ditampilkan dalam iklan. Penelitian ini juga menemukan pemaknaan informan baik perempuan maupun laki-laki atas pesan iklan Clean & Clear yaitu mengalami sedikit perubahan, semakin diyakinkan dan tidak mengalami perubahan makna sehingga dari basil pemaknaan informan terhadap pesan iklan Clean & Clear versi "Mine Mine Mine " dapat dikelompokan menjadi dua posisi yakni delapan informan perempuan dan enam informan laki-laki berada di posisi dominan hegemoni dan dua informan laki-laki berada di posisi negosiasi. lkIan Clean & Clear versi "Mine Mine Mine" berkontribusi untuk membuka pikiran perempuan serta mendobrak batasan-batasan pikiran laki-laki mengenai kecantikan perempuan. lklan tersebut juga mampu menampilkan keberagaman bentuk fisik perempuan Indonesia melalui model-modelnya sehingga dapat mewakilkan atau merepresentasikan kecantikan informan perempuan
English Abstract
-
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/365/051805494 |
Uncontrolled Keywords: | Pemaknaan, Konsep Kecantikan, Bentuk Wajah, Analisis Resepsi |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.1 Advertising |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 02:58 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 03:31 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166289 |
![]() |
Text
145120200111010_COVER + DAFTAR ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |