Inovasi Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (Siup) Melalui Sistem Layanan Perizinan Terpadu (Silat) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi)

Amastha, Osvaldo Sativa (2018) Inovasi Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (Siup) Melalui Sistem Layanan Perizinan Terpadu (Silat) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) merupakan salah satu produk pelayanan perizinan yang paling banyak diakses masyarakat di Kota Bekasi. Meski begitu, Pelayanan SIUP di Kota Bekasi masih memiliki permasalahan. Permasalahannya yaitu pelayanan SIUP di Kota Bekasi seringkali tidak tepat waktu hingga memakan waktu hitungan bulan sehingga kurang memuaskan masyarakat. Oleh sebab itu, maka Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bekasi meluncurkan inovasi pelayanan SIUP melalui Sistem Layanan Perizinan Terpadu (SILAT). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualititatif yang dibatasi oleh dua fokus penelitian, yaitu (1) Untuk menganalisis bagaimanakah inovasi pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) melalui Sistem Layanan Perizinan Terpadu (SILAT), dan (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) melalui Sistem Layanan Perizinan Terpadu (SILAT). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan sumber data berupa informan, dokumen, dan peristiwa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah inovasi pelayanan SIUP melalui SILAT dilihat dari inovasi metode pelayanan yaitu terdapat perubahan yang baru dalam hal cara pemberian pelayanan SIUP kepada masyarakat, inovasi proses pelayanan yaitu terdapat perubahan yang baru dalam hal proses pelayanan SIUP, dan inovasi sistem yaitu terdapat perubahan yang baru dalam hal cara berinteraksi antar aktor yang terlibat dalam pelayanan SIUP. Kemudian standar pelayanannya yaitu berdasarkan PERMENPAN Nomor 15 Tahun 2014 yang terdiri dari persyaratan, sistem mekanisme dan prosedur, jangka waktu pelayanan, biaya/tarif, produk pelayanan, serta penanganan pengaduan saran, dan masukan. Kemudian faktor pendukung dalam pelaksanaan pelayanan SIUP melalui SILAT adalah kepemimpinan yang mendukung inovasi, adanya tim pengembangan, serta pegawai yang terdidik dan terlatih. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya permasalahan dalam jaringan server dan perangkat milik masyarakat yang kurang mumpuni.

English Abstract

The Trade Business License is one of the most accessed licensing services by the community in Bekasi. However, the Trade Business License service in Bekasi still has problems. The problem is the service Trade Business License in Bekasi City often not on time to take a matter of months so that less satisfy the community. Therefore, Department of Capital Investment and One Stop Integrated Service of Bekasi City launched the innovation of Trade Business License service through Sistem Layanan Perizinan Terpadu (SILAT). This research uses descriptive research type with qualitative approach which is restricted by two research focus, (1) to analyze how innovation of Trade Business License service through Sistem Layanan Perizinan Terpadu (SILAT), and (2) Supporting factors and inhibiting factors in service of Trade business License through Sistem Layanan Perizinan Terpadu (SILAT). The type of data used in this study is primary data and secondary data. In conducting this research, the authors use data sources such as informants, documents, and events. Data collection techniques are through interviews, documentation, and observation. While the data analysis techniques used are interactive data model analysis of miles and huberman. The result of this research is the innovation of Trade Business License service through SILAT be observed from the innovation of service methods is that a new change in terms of giving Trade Business License service to the community, innovation of service process is that a new change in terms of Trade Business License service process , and innovation of system is that a new change of interacting between actors involved in Trade Business License service. Then the service standard points based on Regulation of Minister for the Empowerment of State Apparaturs Number 15 of 2014 consisting of requirements, systems mechanism and procedure, completion time, cost, product service, and the handling of complaints and suggestion. Then the supporting factors in the implementation of Trade Business License services through SILAT is the leadership that support innovation, the existence of development team, and the educated and trained staff. While the inhibiting factor is a problem in the server network and the devices owned by community is inadequate

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/504/051807141
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Surat Izin Usaha Perdagangan, SILAT, Innovation, The Trade Business License, SILAT
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Oct 2019 08:37
Last Modified: 28 Oct 2021 03:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166091
[thumbnail of Osvaldo Sativa Amastha.pdf]
Preview
Text
Osvaldo Sativa Amastha.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item