Hubungan Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat)

Syahputri, Fauziah Andita (2018) Hubungan Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumber daya manusia adalah penggerak yang utama dalam jalannya organisasi sehingga tidak dapat dipungkiri sumber daya manusia yang dimiliki oleh suatu organisasi sudah seharusnya dikelola dengan baik karena tanpa andil dari sumber daya manusia aktivitas organisasi untuk mencapai sebuah tujuan tidak akan terjadi. Pengelolaan sumber daya manusia yang biasa disebut manajemen sumber daya manusia ini selain dapat memelihara pegawai untuk dapat menetap dan memberikan kinerja terbaiknya juga dapat mempertahankan eksistensi organisasi itu sendiri. Peneliti memfokuskan praktik sumber daya manusia pada perencanaan karier, rekrutmen, pelatihan dan pengembangan, dan kompensasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa hubungan antara praktik manajemen sumber daya manusia terhadap kepuasan kerja pegawai di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan cara pengumpulan data survey. Jumlah responden sebanyak 86 responden yang merupakan pegawai di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Uji instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi linier. Penelitian ini menemukan adanya hubungan antara praktik manajemen sumber daya manusia dan kepuasan kerja dengan kompensasi sebagai variabel dengan hubungan yang paling kuat. Penelitian ini menyarankan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat untuk terus mempertahankan praktik manajemen sumber daya manusia yang sekarang sudah diterapkan. Praktik manajemen sumber daya manusia seperti perencanaan karier, rekrutmen, pelatihan dan pengembangan, serta kompensasi dinilai sudah baik dan alangkah lebih baik lagi jika Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar senantiasa meningkatkan hal tersebut guna meningkatkan tingkat kepuasan kerja pegawai.

English Abstract

Human resources are the main component of an organization movement and it is undeniable that human resources of an organization should be well managed because without it, an organization will not be able to achieve their goals. Besides it can keep the employee to stay in the company and give their best performance for the company, human resources management can also keep the organization existence. Researcher is focusing human resource practice on human resource management which are career planning, recruitment, training and development, and compensation. This research aims to provide crucial information about and analyze the relationship between the practice of Human Resource Management and employee’s satisfaction at the bank of Indonesia regional office in West Java. This research constructed by using a quantitative method by means of collecting survey data. The number of respondents were eighty six (86) people who registered as the employee of the Bank of Indonesia regional office in West Java. The sampling technique used is a simple random sampling. The test instruments used in this research are a validity and reliability tests. The analytical method of this research is a descriptive analysis, correlation analysis, and regression linear analysis. This research found a relationship that exists between the practice of human resource management and employee’s satisfaction with compensation as the strongest variable. This research recommends the regional office of bank of Indonesia in west java to keep on pursuing the practice of human resource management that had already been in place. The practice of human resource management such as career planning, recruitment, training and development, and also compensation already scored high and it would be better if the regional office will sustain its already high standard and furthermore enhance the satisfaction level on the employee to work even more efficiently

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/496/051807133
Uncontrolled Keywords: Manajemen sumber daya manusia, kepuasan kerja, Human resources management, employee’s satisfaction
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Aug 2019 07:47
Last Modified: 28 Oct 2021 02:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166034
[thumbnail of Fauziah Andita Syahputri.pdf]
Preview
Text
Fauziah Andita Syahputri.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item