Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Nelayan Pasca Diberlakukan Kebijakan PERMEN-KP Nomor 2 Tahun 2015 Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi pada Kelurahan Blimbing Kabupaten Lamongan).

Purwati, Dwi Putri (2018) Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Nelayan Pasca Diberlakukan Kebijakan PERMEN-KP Nomor 2 Tahun 2015 Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi pada Kelurahan Blimbing Kabupaten Lamongan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Upaya peningkatan sumber daya perempuan dalam pembanngunan sebagai suatu bentuk pembangunan nasional dengan tujuan memperoleh keberhasilan melalui programprogram perempuan. Dalam konteks inilah potensi wanita ibu rumah tangga sebagai bagian komponen bangsa memiliki peranan yang tidak dapat di abaikan dan perlu di berdayakan. Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat lapisan masyarakat yang dalam kondisi sekarang tidak mampu untuk melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan. Dengan kata lain memberdayakan adalah memampukan dan memandirikan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mengidentifikasi bagaimana program pemberdayaan ibu rumah tangga nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta keadaan dalam peningkatan kesejahteraan pemberdayaan ibu rumah tangga nelayan. Pada penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kualitatif, dan pendekatan deskriptif. Metod analisis data dalam penelitian ini dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian ini di Desa Blimbing Kabupaten Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pemberdayaan ibu rumah tangga nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan adalah dengan dilaksanakan program pembinaan, sosialisasi dan pelatihan-pelatihan. Program tersebut diselenggarakan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lamongan kemudian dilanjutkan pada UPT Penyuluhan Kecamatan Paciran dan Bekerjasama dengan Rukun Nelayan Blimbing dengan melalui Kelurahan Blimbing. Actor-aktor tersebut berperan untuk melakukan pembinaan melalui koordinasi dari atas ke bawah. Bentuk dari program pembinaan, sosialisasi dan pelatihan membuat keterampilan dari hasil tangkap, dengan begitu diharapkan ekonomi masyarakat dapat meningkat melalui hasil produksi yang diperoleh. Untuk meningkatkan keberhasilan pemberdayaan ibu rumah tangga nelayan para actor lebih focus pada program pembinaan dan pelatihan sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta perlu adanya memonitor dan evaluasi terhadap program pemberdayaan.

English Abstract

Increasing efforts of women’s resource to development as a form of national development which the aim to get success through women’s programs. In this context, the potential of housewife as part of nation has a role that can’t be ignored and much be empowered. Society empowerment is an effort to increase the digniti’s society that in the present condition unable to escape form the poverty trap and backwardness. In other words empowering is enabling and independent of society. The purposes of research are knowing, analysis, and identifying how fishermen housewives empowerment program to increase society welfare, and the condition to increasing fishermen housewives. This research use a qualitative research with descriptive approach. Methods of data analysis in this research by collecting data, condentation data, data presentation and conclusion. The research location in the Blimbing Village, Lamongan Regency. Based on the results of this research that has been done that fishermen housewives empowerment to improve the welfare to increase the welfare is to be coaching program, socialization and training. That program is held by department of Fishery and Marine Lamongan Regency, than continued by Conselling Technical Organizer Unit Paciran District and colaburation with Blimbing Fishermen Association though Blimbing Village. These actors play a role in coaching through coordination from top-down. The form of coaching program, socialization and training make th skill of the catching, so expected that the society economy can be increased through the production result. To improve fishermen housewives empowerment, the program more focus on coching and tranning base on the society necessary and the empowerment program must be monitor and evaluated.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/537/051807731
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan dan Kesejahteraan Masyarakat,
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 31 Oct 2019 07:15
Last Modified: 28 Oct 2021 03:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165940
[thumbnail of Dwi Putri Purwati.pdf]
Preview
Text
Dwi Putri Purwati.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item