Hubungan Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Masyarakat Sebagai Pelanggan (Studi Pada Badan Usaha Milik Desa “Maju Makmur” Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar)

Dewi, Pegi Ayu Irana (2018) Hubungan Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Masyarakat Sebagai Pelanggan (Studi Pada Badan Usaha Milik Desa “Maju Makmur” Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepuasan merupakan unsur yang sangat penting dalam usaha untuk meningkatan sebuah kualitas pelayanan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan, salah satunya adalah kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dan kepuasan dan sejauh mana hubungan kualitas pelayanan serta faktor mana yang paling dominan dan yang memiliki hubungan paling besar terhadap kepuasan. Penelitian ini menggunakan penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Dengan prosedur pengumpulan data survei. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan skala likert. Metode penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan nilai toleransi 10% sehingga di dapatkan 63,63 sampel yang dibulatkan menjadi 64 sampel dari 175 populasi petani yang menjadi anggota Gabungan Kelompok Tani. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer melalui kuesioner. Uji yang digunakan adalah uji instrumen penelitian meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, uji korelasi. Hasil penelitian mennjukan bahwa ada hubungan yang positif sangat signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen. Hal ini ditunjukan oleh koefisiensi product moment sebesar 0.706 dan diambil dari nilai koefisiensi terbesar dari kelima variabel yang digunakan. Dapat dilihat bahwa nilai signifikan lebih kecil dari pada alpha (0,000<0,05) sehingga H0 ditolak dengan kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan antara jaminan dengan kepuasan konsumen

English Abstract

Satisfaction is a very important element in the effort to improve a service quality. There are several factors that affect satisfaction, one of which is the quality of service. This study aims to determine the relationship of service quality and satisfaction and the extent to which the relationship of service quality and which factors are the most dominant and who have the greatest relationship to satisfaction. This research used explanatory research with quantitative approach and survey data collection procedure. The measurement scale used in this research was Likert scale. The method of determining the number of samples in this study was slovin formula with tolerance value of 10% so that 63,63 samples were obtained and rounded to 64 samples from 175 farmers who become members of the Joint Farmers Group. The data used in this study was primary data by questionnaires. The test used was instrument test of research include test of validity and reliability test, test of classical assumption which include test of normality, multicolinearity, heteroscedasticity, and correlation test. The results showed that there is a very significant positive relationship between service quality and customer satisfaction. It was shown by product moment coefficient of 0.706 and taken from the largest coefficient value of the five variables used. It can be seen that the significant value is less than alpha (0,000 <0,05) so that H0 is rejected with the conclusion that there is a significant relation between guarantee and consumer satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/653/051808673
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, BUMDes, Service Quality, Consumer Satisfaction, Village-Owned Enterprises (BUMDes)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:00
Last Modified: 28 Oct 2021 04:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165881
[thumbnail of PEGI AYU IRANA DEWI.pdf]
Preview
Text
PEGI AYU IRANA DEWI.pdf

Download (39MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item