Implementasi Program Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) dalam Meningkatkan Inovasi Pelayanan Publik di Jawa Timur (Studi pada Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur)

Abadi, Devira Tiafani (2018) Implementasi Program Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) dalam Meningkatkan Inovasi Pelayanan Publik di Jawa Timur (Studi pada Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Provinsi Jawa Timur termasuk provinsi yang padat penduduk dan terdiri dari banyak kabupaten dan kota. Kepadatan penduduk di Jawa Timur menyebabkan semakin meningkatnya tuntutan pelayanan publik dari masyarakat. Tuntutan pemberian pelayanan publik terbaik kepada masyarakat merupakan tugas dari instansi pemerintah. Meningkatnya tuntutan pelayanan dari penduduk, menyebabkan kurangnya efisiensi dan efektifitas dari instansi dan dinas terkait dalam memberikan pelayanan publik. Sehingga menyebabkan adanya keluhan rasa tidak puas dan tidak kepercayaan dari masyarakat mengenai pelayanan publik yang mereka terima. Melihat adanya permasalahan tersebut membuat Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur membuat program yang mampu meningkatkan inovasi pelayanan publik untuk setiap organisasi perangkat daerah di Jawa Timur, melalui program Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diakronimkan menjadi program KOVABLIK. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh 2 fokus penelitian, yaitu (1) Implementasi Program KOVABLIK dalam meningkatkan inovasi pelayanan publik (2) Faktor pendukung dan penghambat dari implementasi program KOVABLIK. Sumber data berasal dari informan, lokasi penelitian, dan dokumen data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles Huberman dan Saldana melalui tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) Implementasi program Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik dilihat dari adanya kesesuaian organisasi pelaksana, pertama dimana organisasi pelaksana yang melaksanakan program memiliki kemampuan untuk memenuhi syarat dalam menjalankan implementasi program KOVABLIK dengan baik. Kedua kesesuaian antara program dengan kebutuhan kelompok sasaran; kelompok sasaran ialah organisasi perangkat daerah Jawa Timur yang membutuhkan untuk adanya suatu pembangunan inovasi dalam meningkatkan pelayanan publik. Ketiga kesesuaian kelompok sasaran dan organisasi pelaksana untuk memperoleh output program; kelompok sasaran sebelumnya mencapai titik pelayanan yang memuaskan untuk masyarakat dilihat dari banyaknya keluhan masyarakat, sehingga Biro Organisasi selaku organisasi pelaksana memutuskan sebuah program KOVABLIK, yang berfungsi untuk meningkatkan inovasi pelayanan publik dari setiap organisasi perangkat daerah terkait, keputusan untuk membuat program ini sesuai dengan apa yang kelompok sasaran butuhkan. (2) Faktor pendukung implementasi program secara internal berasal dari adanya komitmen dan motivasi, dan landasan hukum yang jelas, secara eksternal berasal dari koordinasi dan komunikasi antar aktor, dan dukungan antusias dari organisasi perangkat daerah dan lingkungan sekitar. Faktor penghambat secara internal berasal dari loyalitas ganda menyebabkan keterbatasan sumber daya manusia, sedangkan secara eksternal berasal dari anggaran setiap daerah yang berbeda. Rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini adalah adanya penataan urgensi kinerja pegawai Biro Organisasi, meningkatkan evaluasi dan perencanaan program, meninggkatkan pendamping dan monitoring untuk setiap organisasi perangkat daerah, diharapkan setiap daerah mampu untuk meningkatkan taraf perekonomian untuk meningkatkan anggaran belanja masing-masing didaerah.

English Abstract

East Java Province is a densely populated province and consists of many districts and cities. Population density in East Java causes the increase of demand on public service from society. The demand for providing the best public service for society is the duty of government institute. The increasing demand for services from the residents, causes a lack of efficiency and effectiveness from related institution and agencies on providing public service. Thus causing unsatisfied complains and distrust from society regarding the public service they received. Seeing the existence of these problems makes The Bureau of East Java Regional Secretariat Organization create a program that can increase the innovation of public service for every regional organization in East Java, by Public Service Innovation Competition program that synchronized into KOVABLIK program. This research is using a descriptive research type with qualitative approach and is limited by 2 research focuses, namely (1) The implementation of KOVABLIK program on increasing public service innovation (2) Supporting and inhibiting factors in the implementation of KOVABLIK program. Source of data comes from informants, research location, and primary and secondary data documents. Data is collected through interview technique, observation, and documentation. Data analysis uses Miles Huberman and Saldana through data collection step, data condensation, data presentation, and conclusion pull out. From the research result it can be conclude that (1) The implementation of Public Service Innovation Competition program is seen from the compatibility of the implementing organization, first, the implementing organization that executed the program has the ability to fulfill the requirement on implementing KOVABLIK program properly. Second, the compatibility between the program and the needs of the targeted group, targeted group is East Java regional organization that needs an innovation in improving public service. Third, target group and implementing organization compatibility to procure program output, target group previously reached a satisfying service point for society to look from the many complaints from the society, so the Bureau Organization as the implementing organization decided a program called KOVABLIK which functions to increase the public service innovation from every related regional organization, the decision to make this program is based on what the targeted group needed. (2) Supporting factors in the program implementation internally come from commitment and motivation, and clear legal basis, while externally come from coordination and communication between the actors, and enthusiastic support from regional organization and their surroundings. Inhibiting factors internally come from double loyalties leading to limited human resources, while externally come from different budget of every region. The recommendations generated from this research are the arrangement of Bureau Organization employee performance urgency, increasing program evaluation and planning, increasing escort and monitoring to every regional organization, it is expected that every region can increase the economic level to increase the budget for each region.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1127/051900956
Uncontrolled Keywords: Implementasi Program, Inovasi Pelayanan, Pelayanan Publik, Pemerintah Daerah-Program Implementation, Service Innovation, Public Service, Local Government.
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 May 2019 06:56
Last Modified: 25 Oct 2021 04:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165726
[thumbnail of Devira Tiafani Abadi.pdf]
Preview
Text
Devira Tiafani Abadi.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item