Pengaruh Nilai Hedonis Dan Nilai Utilitarian Terhadap Behavioral Intention, Dengan Word Of Mouth (Wom) Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Casabaio Paradise Resort, Sulawesi Utara)

Somba, Windah Estrilia (2018) Pengaruh Nilai Hedonis Dan Nilai Utilitarian Terhadap Behavioral Intention, Dengan Word Of Mouth (Wom) Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Casabaio Paradise Resort, Sulawesi Utara). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan langsung dan tidak langsung dari nilai hedonis, nilai utilitarian, word of mouth dan niat berperilaku seorang konsumen di Casa Baio Paradise Resort, Sulawesi Utara. Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai instrumen penelitian dengan 108 responden sebagai sampel. Teknik penyampelan pada penelitian ini adalah purpossive sampling. Partial Least Square (PLS) digunakan sebagai alat untuk menganalisis data. Hasil menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan secara langsung antara nilai hedonis, dan nilai utilitarian terhadap word of mouth, dan nilai utilitarian terhadap niat berperilaku. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa word of mouth memberikan mediasi sempurna pada pengaruh nilai hedonis terhadap niat berperilaku, dan memberikan mediasi sebagian pada pengaruh nilai utilitarian terhadap niat berpeilaku. Hasil lain menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan yang signifikan antara nilai hedonis dan niat berperilaku.

English Abstract

The purpose of this study is to analyze the direct and indirect effect of hedonic value, utilitarian value, word of mouth, and behavioral intention of consumer in Casa Baio Paradise Resort, Sulawesi Utara. This study use questionnaires as the research instrument with 108 respondents as the sample. Sampling technique is purposive sampling. This study uses Partial Least Square (PLS) to analyzed the data. The result shows that there is a significant direct effect on hedonic value, and utilitarian value to word of mouth, and utilitarian value and word of mouth to behavioral intention. This study also confirm that word of mouth full mediates the influence of hedonic value to behavioral intention, and partial mediates the influence of utilitarian value to behavioral intention. The other result show that there is no significant relationship between hedonic value and behavioral intention

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.87/SOM/p/2018/041804672
Uncontrolled Keywords: WORD - OF - MOUTH ADVERTISING, HEDONISM, COMSUMER BEHAVIOR, UTILITARIANISON
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.87 Marketing channels
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Mar 2019 07:34
Last Modified: 20 Mar 2019 07:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165683
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item