Pengaruh Brand Ambassador dan Korean Wave Terhadap Citra Merek dan Dampkanya Pada Keputusan Pembelian (Survei Online Pada Konnsumen Innisfree di Indonesia dan China)

Lestari, Heppiana (2018) Pengaruh Brand Ambassador dan Korean Wave Terhadap Citra Merek dan Dampkanya Pada Keputusan Pembelian (Survei Online Pada Konnsumen Innisfree di Indonesia dan China). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan (1) untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Brand Ambassador terhadap Citra Merek, (2) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Korean Wave terhadap Citra Merek,(3) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian, (4) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Korean Wave terhadap Keputusan Pembelian, (5) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian, (6) Untuk mengetahui dan menjelaskan perbedaan persepsi mengenai Brand Ambassador dan Korean Wave dalam mempengaruhi Citra Merek serta dampaknya pada Keputusan Pembelian antara konsumen Innisfree di Indonesia dan China. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini terdiri dari Brand Ambassador, Korean Wave, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian. Populasi penelitian ini adalah konsumen brand Innisfree berusia minimal 18 tahun, Bertempat tinggal disalah satu negara dari negara Indonesia atau China, pernah menonton atau mendengarkan minimal 3 drama/film/lagu Korea, mengetahui bahwa Im Yoon Ah adalah Brand Ambassador dari brand Innisfree. Penentuan jumlah responden penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah 140 orang responden dan untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner online. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis path dan independent sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Ambassador memiliki pengaruh signifikan terhadap Citra Merek, Korean Wave memiliki pengaruh signifikan terhadap Citra Merek, Brand Ambassador berpengaruh tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Korean Wave memiliki pengaruh negatif terhadap Keputusan Pembelian, Citra Merek memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan terdapat perbedaan persepsi Brand Ambassador dan Korean Wave dalam mempengaruhi Citra Merek serta dampaknya pada Keputusan Pembelian antara konsumen Innisfree Indonesia dan China.

English Abstract

The aims of this research are (1) identifying and explaining the influence of Brand Ambassador toward Brand Image, (2) identifying and explaining the influence of Korean Wave toward Brand Image, (3) identifying and explaining the influence of Brand Ambassador toward Purchase Decision, (4) identifying and explaining the influence of Korean Wave toward Purchase Decision, (5) identiying and explaining the influence of Brand Image toward Purchase Decision,(6) identifying and explaining wether Indonesian and Chinese consumers have different perpective about Brand Ambassador and Korean Wave on Influencing Brand Image and Purchase Decision. This research is an explanatory research and using quantitative approach. The variabels of this research are Brand Ambassador, Korean Wave, Brand Image and Purchase Decision. The research population were a Innisfree consumer with 18 years old as the minimun age, living in Indonesia or China, had watched and listened at least 3 korean drama, movie and music in minimum and knowing that Im Yoon Ah is Brand Ambassador of Innisfree. The sampling method of this research was purposive sampling. Online Questionnaire were used in order to gather the data from 140 respondents. Descriptive analysis, path analysis and independent sample t test were used in order to analysis the data. The result of this research were Brand Ambassador affected significantly toward Brand Image, Korean Wave affected significantly toward Brand Image, Brand Ambassador not affected significantly toward Purchase Decision, Korean Wave affected negatively toward Purchase Decision, Brand Image affected significantly toward Purchase Decision, there is different perspective among Indonesian and Chinese consumers about Brand Ambassador and Korean Wave in influencing Brand Image and Purchase Decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1155/051901195
Uncontrolled Keywords: Brand Ambassador, Korean Wave, Citra Merek, Keputusan Pembelian Brand Ambassador, Korean Wave, Brand Image, Purchase Decision.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Aug 2019 06:59
Last Modified: 18 Oct 2021 04:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165586
[thumbnail of Heppiana Lestari.pdf]
Preview
Text
Heppiana Lestari.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item