Variasi Kemasan Terhadap Tingkat Kesukaan Dan Pengambilan Keputusan Konsumen Pada Pembelian Wajik Kletik Blitar

Erijanto, Adhelia Christina (2018) Variasi Kemasan Terhadap Tingkat Kesukaan Dan Pengambilan Keputusan Konsumen Pada Pembelian Wajik Kletik Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Wajik kletik merupakan produk olahan pangan khas Blitar dan diberikan nama sesuai dengan sensasi tekstur yang diberikan saat menggigit jajanan berbahan dasar beras ketan ini dengan menimbulkan bunyi “kletik – kletik”, sehingga kemudian terciptalah nama wajik kletik. Rasa yang manis membuat wajik kletik banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat di kota Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kemasan wajik kletik yang paling disukai oleh konsumen dari 3 jenis kemasan yang paling banyak beredar, yaitu kemasan klobot, kemasan plastik, dan kemasan kertas minyak, serta mengetahui variabel yang paling berpengaruh dalam dalam pengambilan keputusan pembelian wajik kletik Blitar. Metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui tingka kesukaan konsumen adalah menggunakan kuisioner uji hedonik yang dianalisis menggunakan uji friedman, dan untuk mengetahui prioritas variabel yang paling berpengaruh digunakan kuisioner pengambilan keputusan dan dianalisis menggunakan analytical hierarchy process (AHP) dan softwere SPSS versi 2.1 dengan batas kesalahan maksimal yang dijadikan patokan adalah 5% dan dibahas dengan metode deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu jenis kemasan yang paling disukai oleh konsumen dari atribut bahan adalah kemasan klobot dengan rata-rata uji friedman sebesar 2,75, dari atribut bentuk yang paling disukai adalah kemasan klobot dengan rata-rata uji friedman sebesar 2,81, dari atribur desain yang paling disukai adalah kemasan klobot dengan rata-rata uji friedman sebesar 2,71, dan dari atribut ukuran yang paling disukai adalah kemasan klobot dengan rata-rata uji friedman sebesar 2,78, sedangkan pada atribut warna kemasan konsumen paling menyukai kemasan kertas minyakdengan rata-rata uji friedman sebesar 3,02. Dari hasil pengolahan data pengambilan keputusan, prioritas keputusan pembelian berdasarkan atribut kemasan dengan Analytical Hierarchy Process (AHP) di kota Blitar adalah ukuran kemasan dengan nilai bobot priorotas (λ) sebesar 0,382 dan jenis kemasan dengan nilai bobot prioritas tertinggi adalah kemasan klobot, di kota Malang adalah ukuran kemasan dengan nilai bobot priorotas (λ) sebesar 0,392 dan jenis kemasan dengan nilai bobot prioritas tertinggi adalah kemasan klobot. Sedangkan secara keseluruhan dari kota Blitar dan Malang adalah ukuran kemasan dengan nilai bobot priorotas (λ) sebesar 0,366 dan jenis kemasan dengan nilai bobot prioritas secara berurutan dari yang tertinggi hingga ke yang paling rendah adalah kemasan kertas minyak, klobot, dan plastik, serta variabel paling dominan dalam pengambilan keputusan untuk koota Blitar dan kota Malang adalah harga dan distribusi di tiap kota.

English Abstract

Wajik kletik is a typical processed food product of Blitar and given the name according to the sensation of texture that is given when bite of this glutinous rice-based snacks by raising the sound "kletik - kletik", so that then created the name of diamonds kletik. Sweet taste makes diamonds much loved by many people in Blitar City. The purpose of this research is to know the type of the most favored wajik kletik packaging of the consumers from 3 types of the most widely circulated packaging, namely klobot packaging, plastic packaging, and oil paper packaging, and to know the most influential variables in the decision making of purchasing wajik kletik Blitar The research method used to find out the consumers’ favorite level is using hedonic test questionnaire analyzed by friedman test, and to know the most influential variable priority used decision-making questionnaire and analyzed using analytical hierarchy process (AHP) and SPSS version 2.1 softwere with maximal error limits which is used as a benchmark is 5% and discussed with descriptive method. Based on the research that has been done can be drawn some conclusions that the most preferred type of packaging by consumers of the material attributes is klobot packaging with average friedman test of 2.75, from the most preferred form attribute is klobot packaging with average friedman test for 2.81, of the most preferred design attribute isklobot packaging with an average friedman test of 2.71, and of the most preferred size attribute is klobot packaging with an average friedman test of 2.78, whereas in the packaging color attribute most consumers liked the oil paper packaging with an average friedman test of 3.02. From the results of decision-making data processing, purchasing decision-making priority based on packaging attributes with Analytical Hierarchy Process (AHP) in Blitar city is packing size with priority weight (λ) value of 0.382 and packaging type with highest priority weight value is klobot packaging, in Malang city is the packaging size with the priority weight (λ) value of 0.392 and the type of packaging with the highest priority weighted value is klobot packaging. While overall from Blitar city and Malang city is packing size with priority weight (λ) value equal to 0,366 and type of packing with priority weight value of sequence from highest to lowest is oil, claw, and plastic packaging, and most variable dominant in decision making for Blitar coota and Malang city is price and distribution in every city.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/120/051803679
Uncontrolled Keywords: Wajik Kletik, Hedonik, Sensori, Pengambilan Keputusan / Wajik Kletik, Hedonics, Sensory, Decision Making
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jul 2019 07:46
Last Modified: 30 Jun 2022 07:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165548
[thumbnail of Adhelia Christina Erijanto.pdf] Text
Adhelia Christina Erijanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item