Pengaruh Produktivitas Dan Kinerja Aparatur Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul).

Pratama, Bayu Adi (2018) Pengaruh Produktivitas Dan Kinerja Aparatur Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan Publik, merupakan segala kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar sesuai hak-hak dasar setiap warga negara dan penduduk atas suatu barang, jasa dan atau pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan yang terkait dengan kepentingan publik. Pelayanan publik yang memuaskan adalah pelayanan yang didukung oleh perilaku aparatur yang baik Kualitas pelayanan publik merupakan hasil interaksi dari berbagai aspek yaitu sistem pelayanan, produktivitas dan kinerja aparatur, strategi dan masyarakat. Demikian kaitannya dengan baik buruknya sistem pelayanan dipengaruhi oleh produktivitas dan kinerja aparatur yang mampu memahami dan mengoperasikan sistem pelayanan yang baik, yaitu sistem pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Organisasi sektor publik memiliki tujuan utama melayani masyarakat dan hasil pelayanan memerlukan dukungan aparatur yang mempunyai produktivitas dan kinerja yang tinggi pada organisasi. Untuk itulah diperlukan produktivitas dan kinerja aparatur yang tinggi dari organisasi sektor publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul dan dilakukan kepada 49 orang responden, alasan penulis memilih lokasi tersebut adalah karena berdasarkan data dari LAKIP Kabupaten Bantul tahun 2017, masih rendahnya produktivitas dan kinerja aparatur di dinas tersebut. Variabel pada penelitian ini terdiri dari dua variabel independen yaitu produktivitas dan kinerja Aparatur dan satu variable dependen yaitu kualitas pelayanan publik. Adapun variabel independen dibagi ke dalam tujuh indikator untuk produktivitas dan sembilan indikator untuk kinerja yaitu: teknologi, tingkat pendidikan, sistem upah dan jaminan sosial, manajemen, masa kerja, kebijakan pemerintah, gaji, kemapuan pemimpin, motivasi pimpinan, kepribadian aparatur, persepsi aparatur, struktur organisasi, desain pekerjaan, umur, kesempurnaan fisik, dan jenis kelamin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan lima skala likert dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat: (1) Adanya pengaruh signifikan produktivitas dan kinerja aparatur terhadap kualitas pelayanan publik; (2) Adanya pengaruh signifikan produktivitas terhadap kualitas pelayanan publik; (3) Adanya pengaruh signifikan kinerja aparatur terhadap kualitas pelayanan publik.

English Abstract

Public Service, is all activities in order to fulfill basic needs, services and services provided by service providers related to the public interest. Public service which is a service supported by good behavior. Good service is the result of various aspects, namely the service system, productivity and performance of the apparatus, strategy and society. Information systems used by people who work with good systems and services, namely a service system that suits the needs of the community. Public sector organizations have the main objectives of the community and the results of their services. Apparatus that has high productivity and performance in the organization. For the needs and productivity of high apparatus from public sector organizations. This research used a quantitative approach and was carried out at the Bantul Regency Industry and Trade Office and carried out to 49 respondents, the reason the authors chose this location was because based on data from the Bantul Regency LAKIP in 2017, the productivity and performance of the apparatus was still low. The variables in this study consist of two independent variables namely Apparatus productivity and performance and one dependent variable is the quality of public services. The independent variables are divided into seven indicators for productivity and nine indicators for performance, namely: technology, education level, wage system and social security, management, years of service, government policy, salary, ability of leaders, leadership motivation, apparatus personality, apparatus perceptions, organizational structure, job design, age, physical perfection, and gender. Data collection techniques using a questionnaire with five Likert scales and documentation. Data analysis used is multiple linear regression analysis. The results of the study show that there are: (1) There is a significant influence on productivity and performance of the apparatus on the quality of public services; (2) There is a significant effect of productivity on the quality of public services; (3) There is a significant influence on the performance of the apparatus on the quality of public services.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1197/051901613
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Produktivitas Aparatur; Kinerja Aparatur.-Influence; Apparatus Productivity; Apparatus Performance
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 May 2019 01:57
Last Modified: 25 Oct 2021 04:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165532
[thumbnail of Bayu Adi Pratama.pdf]
Preview
Text
Bayu Adi Pratama.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item