Adam, Mochtar (2018) Efektivitas Sistem Informasi Pelayanan Pada Rumah Sakit (Studi Kasus Pada Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum DaerahDr. Haryoto Kabupaten Lumajang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui efektivitas sistem informasi pelayanan pada rumah sakit (Studi kasus pada instalasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang) 2) Untuk mengetahui kualitas layanan pada rumah sakit (Studi kasus pada instalasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang) 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung sistem informasi pelayanan pada rumah sakit (Studi kasus pada instalasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang). Penelitian ini akan dilakukan dalam penelitian ini dengan pendekatan studi kasus. Teknik pemilihan informan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan cara mengatur secara sistematis pedoman wawancara, data kepustakaan, kemudian memformulasikan secara deskriptif, selanjutnya memproses data dengan tahapan reduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan. Hasil analisis efektivitas sistem informasi pelayanan pada rumah sakit pada instalasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang dapat dikatakan efektif. Hal tersebut dikarenakan sistem informasi yang dilaksanakan oleh rumah sakit dapat mendukung proses pelayanan yang dilakukan sehingga mendukung kepuasan pasien. Kepuasan pasien ditunjukkan dengan adanya peningkatkan jumlah pasien yang menggunakan fasilitas jasa layanan yang diberikan oleh rumah sakit. Dari hasil analisis kualitas sistem informasi pelayanan di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang dapat dikatakan baik. Hal tersebut dikarenakan kualitas pelayanan yang cepat dan tepat sesuai dengan fasilitas yang digunakan serta prosedur yang diterapkan oleh rumah sakit berjalan dengan baik sehingga memberikan dukungan dalam upaya peningkatan pelayanan kepada pasien dan memberikan kepuasan kepada pasien. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui faktor yang mendukung dan menghambat dalam penggunaan sistem informasi di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang. Faktor pendukung yaitu adanya minat yang tinggi masyarakat untuk menggunakan sistem layanan dan dukungan dari kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh rumah sakit. Adapun yang menjadi faktor penghambat yaitu adanya fasilitas yang belum dimaksimalkan serta kuantitas atau jumlah sumber daya yang melakukan aktivitas operasional rumah sakit belum mememuhi jumlah atau kuantitas yang ditetapkan.
English Abstract
The purpose of this study are 1) To determine the effectiveness of information systems services at the hospital (Case study on the outpatient installation of Dr. Haryoto District Public Hospital Lumajang) 2) To determine the quality of service at the hospital (Case study on hospital outpatient installation General Area of Dr. Haryoto, Lumajang District) 3) To know the inhibiting factors and supporting the service information system at the hospital (Case study on the outpatient installation of Dr. Haryoto District General Hospital of Lumajang Regency). This research will be conducted in this research with case study approach. The informant selection technique used in this research is purposive sampling. Data analysis is done by systematically arranging interview guides, library data, then formulate descriptively, then process data with data reduction stage, present data and conclude. Result of analysis of effectiveness of service information system at hospital on outpatient installation. Haryoto Lumajang district can be said to be effective. This is because the information system implemented by the hospital can support the process of service performed so as to support patient satisfaction. Patient satisfaction is indicated by the increase in the number of patients using the service facility provided by the hospital. From the result of quality analysis of service information system in outpatient installation of Dr. Haryoto Lumajang district can be said good. This is because the quality of service is fast and appropriate in accordance with the facilities used and procedures implemented by the hospital running well so as to provide support in an effort to improve service to patients and provide satisfaction to patients. Based on the results of the analysis can be known factors that support and inhibit in the use of information systems at the Regional General Hospital Dr. Haryoto District Lumajang. The supporting factor is the high interest of the community to use the service system and support from the quality of human resources owned by the hospital. As for the inhibiting factors are the facilities that have not been maximized and the quantity or number of resources conducting hospital operational activities have not fulfilled the amount or quantity set.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/898/051810457 |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Sistem Informasi Pelayanan dan Rumah Sakit Effectiveness of Service Information System and Hospital |
Subjects: | 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses > 362.106 8 Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 03:05 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 01:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165510 |
Preview |
Text
Mochtar Adam.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |