Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Progam Studi Administrasi Bisnis angkatan 2014 konsumen Air Mineral Aqua )

Prasetya, Ermawan Galih (2017) Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Progam Studi Administrasi Bisnis angkatan 2014 konsumen Air Mineral Aqua ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang dalam era global, dunia bisnis di Indonesia berkembang secara pesat. Hal ini menyebabkan persaingan terjadi semakin tajam. Konsumen sasaran dalam suatu bisnis merupakan kunci utama dalam memenangkan persaingan dengan demikian timbullah beberapa faktor dari keputusan pembelian. Dengan demikian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh faktor Brand Image yang terdiri dari Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai (X2), Citra Produk (X3), dan secara bersama-sama dan parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y). Penelitian ini menggunakan metode explanatory research (penelitian penjelasan) dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini berada di Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya. Jl. MT. Haryono 163 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 79 mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan analisis regresi parsial. Berdasara penilitian ini menunjukan uji signifakansi F sebesar 0,000 (p< 0,05) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Faktor Brand Image yang terdiri dari Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai (X2), Citra Produk (X3), dan secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hasil adjusted R2 (koefisien determinasi) menunjukkan hasil sebesar 0,580 yang berati sebesar 58% variabel Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai (X2), Citra Produk (X3) memberikan kontribusi kepada Keputusan Pembelian (Y), sedangkan sisanya sebesar 42% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil dari keselurahan dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai (X2), Citra Produk (X3) secara bersama – sama dan parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Hasil dari analisis regresi juga menunjukkan bahwa variabel Persepsi (X2) memiliki pengaruh dominan dibandingkan variabel bebas lainnya.

English Abstract

Along with the progress of science and technology that is growing in the global era, the business world in Indonesia is growing rapidly. This causes the competition to happen more sharply. The target consumer in a business is the key to winning the competition, and thus some factors arise from the purchase decision. The purpose of this research is to know and explain the influence of Brand Image factor which consist of Citra Pembuat (X1), User Image (X2), Product Image (X3), and together and partially to Purchase Decision (Y). This research uses explanatory research method with quantitative approach. The location of this research is in Faculty of Business Administration Science Universitas Brawijaya. Jl. MT. Haryono 163 Malang. Data collection technique used is Purposive Sampling technique. Samples taken as many as 79 students of Faculty of Business Administration Science. The analysis used is descriptive analysis, multiple linear regression analysis, and partial regression analysis. Based on this research showed significance test of F at 0.000 (p <0,05) which means there is a significant influence between Brand Image Factor consisting of Image Creator (X1), User Image (X2), Product Image (X3), and together Equal to Purchase Decision (Y). The result of adjusted R2 (coefficient of determination) shows the result of 0,580 which means 58% of Creator Image (X1), User Image (X2), Product Image (X3) contributes to Purchase Decision (Y), while the rest of 42% is influenced by Other variables not examined in this study. The results of the whole can be deduced that the Creator Image (X1) variable, User Image (X2), Product Image (X3) together and partially have a significant influence on the Purchase Decision variable (Y). The result of regression analysis also shows that perception variable (X2) has dominant influence compared to other independent variables.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/878/051810437
Uncontrolled Keywords: Citra Pembuat, Citra Pemakai, Citra Produk, Keputusan Pembelian Creator Image, User Image, Product Image, Purchase Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 May 2019 06:22
Last Modified: 18 Oct 2021 01:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165499
[thumbnail of Ermawan Galih Prasetya.pdf]
Preview
Text
Ermawan Galih Prasetya.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item