Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pengguna Sepedah Motor Honda Beat di Sarana Kartika Motor Kabupaten Malang)

Wicaksana, Thomas Aditya (2018) Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pengguna Sepedah Motor Honda Beat di Sarana Kartika Motor Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis dan menjelaskan pengaruh ekuitas merek terhadap kepuasan, (2) pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas, (3) pengaruh kepuasan terhadap loyalitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi Ekuitas Merek, Kepuasan dan Loyalitas. Populasi penelitian ini adalah pengguna sepedah motor Honda Beat di Sarana Katika Talangagung, Kepanjen, Kabupaten Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 107 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa Ekuitas Merek (X) berpengaruh signifikan secara terhadap kepuasan pelanggan (Y1), Ekuitas Merek (X) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2), Kepuasan Pelanggan (Y1) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2). Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pihak Honda dapat mempertahankan ekuitas merek, sehingga kepusan dan loyalitas pelanggan meningkat.

English Abstract

This study aims to (1) analyze and explain the effect of brand equity on satisfaction, (2) the influence of brand equity on loyalty, (3) the effect of satisfaction on loyalty. The type of research used is explanatory with quantitative approach. Variables in this study include Brand Equity, Satisfaction and Loyalty. The population of this research is the user of Honda Beat motorcycle in Sarana Katika Talangagung, Kepanjen, Malang Regency. The sample used in this study as many as 107 respondents taken by using purposive sampling and data collection methods using questionnaires. Data analysis used is descriptive analysis and Path Analysis (Path Analysis). The result of path analysis shows that Brand Equity (X) has significant effect on customer satisfaction (Y1), Brand Equity (X) has significant effect on Customer Loyalty (Y2), Customer Satisfaction (Y1) has significant effect on Customer Loyalty (Y2). Based on the results of the study is expected Honda's party can maintain brand equity, so kepusan and customer loyalty increases.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/886/051810445
Uncontrolled Keywords: Ekuitas Merek, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan Brand Equity, Customer Satisfaction, Customer Loyalty
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 May 2019 06:13
Last Modified: 18 Oct 2021 01:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165491
[thumbnail of Thomas Aditya Wicaksana.pdf]
Preview
Text
Thomas Aditya Wicaksana.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item