Pengaruh Citra Merek, Iklan, dan Cita Rasa terhadap Keputusan Pembelian (Survey terhadap Konsumen Mie Instan Merek Indomie di Wilayah Um Al-Hamam Riyadh)

Imantoro, Fatih (2017) Pengaruh Citra Merek, Iklan, dan Cita Rasa terhadap Keputusan Pembelian (Survey terhadap Konsumen Mie Instan Merek Indomie di Wilayah Um Al-Hamam Riyadh). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan : pengaruh signifikan variabel Citra Merek (X1), Iklan (X2) dan Cita Rasa (X3) secara bersama-sama dan parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y). Jenis Penelitian yang digunakan adalaha explanatory research. Penelitian ini dilakukan di Wilayah Um Al-Hamam Riyadh pada masyarakat yang mengkonsumsi Indomie. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analasisi data dalam penelitian ini menggunakan aanalisis linear berganda dengan uji t dan F. Hasil analisis regresi linear berganda dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas yang terdiri dari Citra Merek (X1), Iklan (X2), dan Cita Rasa (X3) secara bersama-sama dan parsial mempunyai pengaruh yang signifikan erhadap Keputusan Pembelian (Y). Secara bersama-sama F hitung yaitu 20,252 dan F table 2,807 nilai sig.F 0,000. Sedangkan secara parsial variabel Citra Merek (X1) menunjukkan nilai t hitung sebesar 2,116, Iklan (X2) menunjukkan t hitung sebesar 2,074, dan Cita Rasa (X3) menunjukkan t hitung sebesar 2,642. Diketahui juga variabel yang mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) adalah variabel Cita Rasa (X3). Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel bebas secara bersama-sama dan parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian konsumen, variabel Cita Rasa (X3) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y).

English Abstract

This research aims to explain : Significant influence of Brand Image (X1), Advertisement (X2) and Taste (X3) simultaneously and parcially to the Purchasing Decision (Y). The Type of research used explanatory research. This research conducted in Um Al-Hamam Riyadh on people that consume Indomie. The sampling technique used purposive sampling. Technique of data analysis in this research use multiple linear analysis with t and F test. The results on multiple linear regression analysis of this study indicate that the independent variables which consist Brand Image (X1), Advertisement (X2), and Taste (X3) are simultaneous and Parcially have a significant influence to Purchase Decision (Y). Simultaneosly, F test is 20,252 and F table 2,807 with sig.F 0,000. Parcially, Brand Image (X1) had t test 2.116, Advertisement (X2) had t test 2.074, and Taste (X3) had t test 2,642. Also known that the variable that has the most dominant influence on the variable Decision Purchase (Y) is the Taste variable (X3). Based on the results of the study, it can be concluded that the independent variables with simultaneous and parcially have a significant influence on consumer purchasing decisions, taste variable (X3) Is a variable that has a dominant influence on Purchase Decision (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1361/051804443
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Iklan, Cita Rasa, Keputusan Pembelian Brand Image, Advertisement, Taste, Purchase Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.1 Advertising
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Sep 2019 08:46
Last Modified: 16 Oct 2021 02:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165358
[thumbnail of Fatih Imantoro.pdf]
Preview
Text
Fatih Imantoro.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item