Septian, Aditya Widya (2018) Hubungan antara Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia dan Kepuasan Kerja Pegawai Negeri Sipil (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sumber daya manusia (SDM) merupakan sumber daya yang unik dan penting bagi organisasi dalam mencapai tujuannya. Maka, diperlukan perhatian khusus dalam pengelolaan sumber daya tersebut, yaitu dengan melakukan pengembangan dan pemeliharaan SDM secara berkelanjutan melalui manajemen sumber daya manusia (MSDM). Selanjutnya, MSDM pada era sekarang mengembangkan kualitas SDM yang dimiliki dengan penciptaan rasa aman dan kepuasan kerja, dikarenakan besarnya dampak yang dihasilkan dengan tingginya kepuasan kerja bagi organisasi seperti komitmen, kinerja, dan produktivitas pegawai yang tinggi, maka MSDM di dalam organisasi sektor publik perlu mengetahui hubungan-hubungan tersebut. Organisasi sektor publik memiliki tujuan utama melayani masyarakat dan hasil pelayanan yang optimal memerlukan dukungan SDM yang berkualitas dan berdedikasi tinggi pada organisasi. Untuk itulah diperlukan praktik MSDM yang baik dan benar dari organisasi sektor public. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Tenaga Kerja Kota Batu dengan 54 orang responden, alasan penulis memilih lokasi tersebut adalah karena berdasarkan pengalaman magang peneliti, masih terdapat beberapa permasalahan mengenai praktik MSDM di dinas tersebut, yaitu mengenai perencanaan pegawai yang menyebabkan tidak sesuainya jumlah pegawai dengan beban kerjanya dan mengenai pemeliharaan pegawai dalam aspek kompensasi finansial dan non finansial yang menyebabkan pegawai merasa kurang mencukupi antara pekerjaan dan kompensasi yang diberikan atau disediakan. Variable pada penelitian ini terdiri dari satu variable independen yaitu Praktik MSDM dan satu variable dependen yaitu kepuasan kerja. Adapun variable independen dibagi ke dalam tiga indikator yaitu: manfaat MSDM, proses MSDM, dan Strategi MSDM. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan empat skala likert dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bersifat positif dan signifikan antara manfaat, proses, dan strategi MSDM dengan kepuasan kerja pegawai. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik Praktik MSDM yang diterapkan oleh suatu organisasi yaitu dengan perolehan manfaat yang maksimal, proses yang mudah dan strategi yang tepat atau efektif maka akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan kerja pegawai di dalam organisasi.
English Abstract
Human resources (HR) are unique and important resources for the organization in achieving its goals. Therefore, special attention is needed for manage these resources, namely by developing and maintaining human resources through a sustainable human resource management (HRM). Furthermore, HRM in recent years has developed the quality of its human resources with make a job security and job satisfaction. Due to the impact of high job satisfaction for organizations such as high commitment, performance, and employee productivity, HRM in public sector organizations needs to know those relationships. Public sector organizations have the main goal of serving the community while the best service outcomes require high quality and dedicated human resources support to the organization. Hence, decent and best practices of HRM are needed in public sector organizations. This research uses a quantitative approach and located in Investment, One-Stop Permit Service, and Manpower Office of Batu City with 54 respondents. That location is choosen because of experience of the researcher internship, there are some problems regarding the practice of HRM in the agency, namely regarding HR planning which causes an inappropriate number of employees with workload and about employee maintenance in the aspects of financial and non-financial compensation which is causing employees to feel insufficient between workload and compensation provided. Variables in this study consisted of one independent variable, namely HRM practice and one dependent variable, namely job satisfaction. The independent variables are divided into three indicators, namely: HRM advantages, HRM processes, and HRM strategies. Data collection techniques are using questionnaires with 4-point Likert scales and documentation. Data analysis used is pearson’s correlation coefficient and simple linear regression analysis. The results showed that there were a positive and a significant relationship between advantages, processes, and strategies of HRM with employee job satisfaction. These means the HRM Practices that applied by an organization namely by obtaining maximum benefits, convenient processes and the effectiveness of strategy will enhance the level of employee satisfaction in the organization.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/1058/051900321 |
Uncontrolled Keywords: | Hubungan; Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia; Kepuasan Kerja. Relationship; Human Resources Management Practices; Job satisfaction. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 01:49 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 03:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165340 |
Preview |
Text
Aditya Widya Septian.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |