Maulana, Thoriq (2018) Efektivitas Kampanye Remotivi Terhadap Pengguna LINE (Studi Kuantitatif-Survei pada Khalayak Muda). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kampanye pada media sosial telah berkembang menjadi sebuah inovasi untuk mendapatkan perhatian khalayak muda. Terdapat beberapa macam media sosial, salah satunya adalah LINE yang merupakan aplikasi messenger yang digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari, baik ranah pribadi maupun publik. Penelitian ini mencoba membuat sebuah kampanye yang memuat konten dari Remotivi melalui LINE dalam mengkampanyekan kritik media, khususnya tayangan televisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa jauh efektivitas kampanye terhadap pengguna LINE khalayak muda. Metode penelitian ini menggunakan metode survei yang masuk dalam penelitian eksplanatori, dengan model komunikasi S-M-C-R-E yang disederhanakan dari teori difusi inovasi sebagai landasan penelitian. Hasil yang didapat adalah terdapat efek setelah menerima paparan kampanye dan LINE sebagai media kampanyenya terbukti efektif. Efek yang dirasakan setelah menerima pesan kampanye adalah dorongan aktif dari responden dalam mengkritisi media karena kesadaran akan pengawasan media dan isu yang diangkat penting untuk dibahas. Meskipun tidak sampai pada tataran membuat aksi dalam perubahan kebijakan tentang tayangan televisi, namun hal ini menjadi pertimbangan bahwa kesadaran mengkritisi media pada masyarakat ternyata masih belum terlalu luas yang dapat diartikan bahwa butuh penelitian lanjutan atau tindakan lanjutan agar masyarakat dapat menerima paparan media secara objektif.
English Abstract
Campaign on social media has grown up became an innovation for young adult’s attraction. There are a few kinds of social media, one of them is LINE, a messenger apps used for communicating every day, in a private or public sphere. This research tried to make a campaign with content by Remotivi via LINE. The campaign is about criticizing the media, especially television. The purpose is to figure out the campaign effectiveness toward LINE’s young adult user. Using survey method, this research belongs explanatory research with S-M-C-R-E model, simplified from diffusion of innovation theory which is the ground of this research. The result is there was the effect after received the campaign and LINE as media campaign proven effective. The effect is the encouragement from respondent to criticize the media because the awareness of media control and the issue urgent to discussed furthermore. Although did not reach to action stage in changing policy about television, but these will be considered that aware to criticize the media on people evidently still not comprehensive yet, which means it need continuous research or action so people can accept the media exposure objectively.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/1155/051901645 |
Uncontrolled Keywords: | kampanye, media sosial, LINE, Remotivi, survei, difusi inovasi campaign, social media, LINE, Remotivi, survey, diffusion of innovation |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.75 Specific types of multimedia systems > 006.754 Online social networks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 03:06 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165208 |
![]() |
Text
Thoriq Maulana.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |