Pengaruh Strategi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Produk Pangan (Studi Pada Hypermart Lippo Plaza Batu)

Fachyar, Nadia (2018) Pengaruh Strategi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Produk Pangan (Studi Pada Hypermart Lippo Plaza Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hypermart merupakan ritel asli Indonesia yang memiliki banyak cabang di Indonesia, salah satunya yaitu berada di Lippo Plaza Batu. Hypermart merupakan ritel yang ingin menjadi No. 1 Multi Format Food Retail di Indonesia sehingga mayoritas produk yang dijual adalah produk pangan. Agar dapat bersaing dengan peritel lain, maka Hypermart memerlukan adanya strategi harga. Penetapan harga yang tepat merupakan salah satu strategi yang harus diterapkan oleh perusahaan agar dapat menarik minat beli konsumen dan mewujudkan kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi harga terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Sampel dari penelitian ini yaitu konsumen di Hypermart Lippo Plaza Batu yang minimal pernah membeli produk pangan. Jumlah responden yang dipilih yaitu sebanyak 100 orang konsumen. Pada penelitian ini digunakan metode Partial Least Square (PLS) yang merupakan teknik analisis untuk memproyeksikan hubungan linier antar variabel-variabel pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga ganjil, harga diskon, dan harga paket berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan pengaruh dominannya yaitu harga diskon dengan nilai jalur sebesar 0,236. Variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu harga ganjil dengan nilai jalur sebesar 0,161.

English Abstract

Hypermart is a native retail Indonesia that has many branches in Indonesia, one of which is located in Lippo Plaza Batu. Hypermart is a retail that wants to be No. 1 Multi Format Food Retail in Indonesia so that the majority of products sold are food products. In order to compete with other retailers, Hypermart requires a pricing strategy. Appropriate pricing is one of the strategies that must be implemented by the company in order to attract consumers to buy and realize customer satisfaction. This study aims to determine the effect of pricing strategy on purchasing decisions and customer satisfaction. The sample of this research is that consumers at Hypermart Lippo Plaza Batu have at least bought food product. The number of respondents selected are as 100 consumers. In this study used Partial Least Square (PLS) method which is an analysis technique to project linear relationship between variables-observation. The results of this study indicate that the odd price variables, discounted prices, and package prices significantly influence purchasing decisions with the dominant influence is the discount price with the path value of 0.236. Then variables that significantly affect customer satisfaction is the odd price with a path value of 0.161.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/411/051809586
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian, Partial Least Square, dan Strategi Harga,/ Consumer Satisfaction, Partial Least Square, Pricing Strategies, and Purchasing Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Jun 2019 06:52
Last Modified: 06 Jul 2022 03:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165001
[thumbnail of Nadia Fachyar.pdf] Text
Nadia Fachyar.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item