Evaluasi Penataan dan Pengelolaan Pasar Mimbaan Baru Untuk Meningkatkan Retribusi Pelayanan Pasar Tahun 2016-2017

Nugroho, Bagus Setyo (2018) Evaluasi Penataan dan Pengelolaan Pasar Mimbaan Baru Untuk Meningkatkan Retribusi Pelayanan Pasar Tahun 2016-2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program penataan dan pengelolaaan yang ada di Pasar Mimbaan Baru yang dilakukan untuk meningkatkan retribusi pelayanan pasar di tahun 2016-2017. Penelitian ini menggunakan teori evaluasi kebijakan milik yang dikemukakan oleh Edward A Suchman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahun 2016, tidak dilakukan penataan apa-apa di Pasar Mimbaan Baru oleh dinas terkait yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Situbondo (Disperindag). Padahal jika dilihat secara wilayah maka luas Pasar Mimbaan baru lebih luas dan letaknya yang ditengah kota yang bisa menjadi tempat tujuan para wisatawan untuk berbelanja oleh-oleh. Penataan baru dilakukan tahun 2017 yaitu membangun atap kanopi di bagian tengah pasar Untuk pengelolaan sendiri yang dilakukan oleh Disperindag adalah menarik iuran retribusi pelayanan pasar kepada para pedagang di Pasar Mimbaan Baru. Penarikan retribusi mengalami kendala karena banyaknya pedagang yang tutup sejak tahun 2014-2017 karena sepinya pembeli dan mahalnya retribusi. Penataan yang dilakukan tahun 2017 tidak membawa perubahan jumlah pembeli yang jumlahnya tetap. Para pembeli yang datang memang sudah berlangganan berbelanja disana sehingga tidak terpengaruh dengan pembangunan atap kanopi dan pendapatan yang diperoleh oleh pedagang tidak mengalami kenaikan.

English Abstract

This study aims to evaluate the structuring and management programs that exist in the Mimbaan Baru Market that are conducted to increase market service retribution in 2016-2017. This study uses the theory of property policy evaluation proposed by Edward A Suchman. The research method used is descriptive qualitative research method. The results of this study show that in 2016, there was no arrangement in the Mimbaan Baru Market by related agencies, namely the Department of Industry and Trade of Situbondo District (Disperindag). Even if viewed in the area, the Mimbaan Baru Market area is wider and is located in the middle of the city which can be a destination for tourists to shop for souvenirs. The new arrangement was carried out in 2017, namely to build a canopy roof in the middle of the market. For self-management carried out by the Disperindag, the market service fees were collected to traders in Mimbaan Baru Market Withdrawal of fees is a problem because of the large number of traders that have been closed since 2014-2017 due to the lack of buyers and high fees. Arrangements made in 2017 do not bring about changes in the number of buyers whose numbers are fixed. The buyers who came were already subscribed to shopping there so they were not affected by the construction of a canopy roof and the income earned by traders did not increase

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1074/051901052
Uncontrolled Keywords: Pasar Mimbaan Baru, Penataan dan Pengelolaan, Evaluasi Kebijakan, Retribusi Pelayanan Pasar, Kabupaten Situbondo Mimbaan Baru Market, Arrangement and Management, Policy Evaluation, Market Service Retribution, Situbondo District
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Oct 2019 06:26
Last Modified: 25 Oct 2021 03:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164721
[thumbnail of Bagus Setyo Nugroho.pdf] Text
Bagus Setyo Nugroho.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)

Actions (login required)

View Item View Item