Aprilia, Mariam (2018) Promosi Kesehatan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Tahap Awal (Tahun 2017-2018) Oleh Dinas Kesehatan Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dewasa ini terdapat suatu bentuk operasional dari komunikasi kesehatan yang mulai digunakan dalam kegiatan promosi kesehatan, yaitu social marketing atau pemasaran sosial. Secara praktik, beberapa penelitian terkait pemasaran sosial berhasil mengungkap keefektifan pemasaran sosial dalam mengatasi permasalahan kesehatan. Hal tersebut kemudian didukung pula dengan diketahuinya bahwa komunikasi kesehatan dalam konteks interpersonal merupakan kajian yang paling banyak dilakukan. Padahal komunikasi kesehatan tidak hanya berfokus pada level interpersonal saja, melainkan juga melihat bagaimana informasi kesehatan disampaikan melalui institusi. Di Indonesia sendiri, saat ini promosi kesehatan yang tengah digencarkan pemerintah ialah promosi kesehatan GERMAS, sebagai salah satu upaya di bidang kesehatan yang dikerahkan untuk meminimalisir dampak negatif dari isu bonus demografi yang akan menerpa Indonesia pada tahun 2020-2030 mendatang. Disaat yang sama, Kota Malang merupakan kota yang tengah mengalami permasalahan demografi, berupa peningkatan demografi yang berpotensi menurunkan derajat kesehatan. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan promosi kesehatan GERMAS yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Malang dengan menggunakan pendekatan pemasaran sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang berfokus pada pelaksanaan promosi kesehatan GERMAS tahap awal di Kota Malang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam upaya menerapkan program GERMAS tahap awal di Kota Malang, Dinas Kesehatan Kota Malang sebagai fasilitator GERMAS diketahui menerapkan GERMAS dengan secara tidak langsung menggunakan teknik-teknik pemasaran sosial. Dimana hal tersebut tercermin melalui dibuatnya delapan strategi untuk pelaksanaan GERMAS di Kota Malang yang merepresentasikan unsur promosi pada konsep pemasaran sosial. Kedelapan strategi tersebut meliputi launching GERMAS, pengaturan makanan, TOT (Trainig of Triner), road show, pengisian acara, jamah makanan, senam rutin, dan kampung GERMAS. Selain itu, penggunaan teknik-teknik pemasaran sosial secara tidak langsung juga tercermin dengan digunakannya media-media promosi (bukan hanya media penyuluh) yang dalam konsep pemasaran sosial sering disebut juga sebagai promotion tools.
English Abstract
Nowadays, there is an operational form health communication that is being used in health promotion activities, namely social Marketing. In practice, some research on social marketing has revealed the effectiveness of social marketing to address health problems. Then, that is supported by that health communication in the interpersonal context is the most widely conducted study. Though health communication not only focuses on interpersonal level, but also see how health information is delivered through the institution. In Indonesia itself, the current health promotion that is being intensified by the government is the health promotion of GERMAS, as one of the efforts in the field of health that is deployed to minimize the negative impact of the demographic bonus issue that will hit Indonesia in 2020-2030. At the same time, Malang also have a demographic problem, with demographic increase it will potentially degrading health status. Therefore this study aims to find and describe health promotion GERMAS conducted Health Office Malang City using social marketing approach. This research is a descriptive qualitative research that focuses on the implementation of early health promotion GERMAS in Malang. Research data obtained through indepth interviews and documentation. The results of this study found that in an effort to implement early stage of GERMAS program in Malang, the Health Office of Malang City as GERMAS facilitator is known to apply GERMAS by indirectly using social marketing techniques. Where the use of social inducement techniques indirectly is reflected through the creation of eight strategies for the implementation of GERMAS in Malang that represent elements of promotion on the concept of social marketing. The eight strategies include GERMAS launching, maintenance food, TOT (Trainig of Triner), road shows, events in charge, processing food instructions, regular gymnastics, and GERMAS villages. In addition, the use of social marketing techniques reflected from promotional media (not just media extension) commonly referred to as promotion tools.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/377/051805506 |
Uncontrolled Keywords: | Promosi Kesehatan, GERMAS, Pemasaran Sosial Health Promotion, GERMAS, Social Marketing |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.04 Personal health of people by gender, sex, or age group |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 15 Oct 2019 06:37 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 04:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164619 |
Text
Mariam Aprilia.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |