Khasanah, Ulfa Rohmatul (2018) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Garam Lokal dan Impor di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Terkait dengan permasalahan garam, selama ini kebutuhan nasional garam dalam negeri dipenuhi dari impor. Sebagai negara yang memiliki panjang pantai nomor dua di dunia, sudah seharusnya kebutuhan nasional garam dapat dipenuhi dari produksi dalam negeri. Saat ini produksi garam nasional belum dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri baik secara kuantitas maupun kualitas. Meskipun pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan impor guna memenuhi kebutuhan garam nasional akan tetapi kebijakan tersebut masih belum bisa menyerap garam lokal dengan baik. Sehingga hal tersebut merugikan petani garam lokal karena rendahnya kualitas garam lokal serta persaingan dengan garam impor membuat harga garam dalam negeri semakin tertekan yang pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan petani garam lokal. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengidentifikasi karakteristik konsumen pada garam lokal dan impor di Kota Malang, (2) mengidentifikasi faktor produk, harga dan tempat mempengaruhi keputusan pembelian garam lokal dan garam impor di Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah deskriptif survey dengan sampel sebanyak 80 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner, sedangkan data sekunder melalui data dari buku, jurnal, KKP, dan lain-lain. Metode analisis yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah analisis regresi linier berganda dengan variabel independen yaitu produk (X1), harga (X2) dan tempat (X3) serta variabel dependennya yaitu keputusan pembelian (Y). Berdasarkan pengolahan data kuisioner didapatkan karakteristik konsumen garam lokal dan impor di Kota Malang yang didominasi oleh masyarakat berjenis kelamin perempuan dengan rentang usia 41-50 tahun, sudah menikah dan punya anak dengan jumlah keluarga sebanyak 3-4 orang, berpendidikan SMA/SMK/MA, bekerja sebagai wirausaha/wiraswasta dengan penghasilan <Rp 5.000.000/bulan. Pada uji F, variabel produk, harga dan tempat memberikan pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian terhadap garam Cap Kapal, Refina dan Briket. Pada uji R2 garam Cap Kapal, Refina dan Briket diperoleh nilai adjusted R2 sebesar 26,1%, 26,5% dan 38,5% yang artinya variasi keputusan pembelian garam Cap Kapal, Refina dan Briket dapat dijelaskan oleh variabel independen produk, harga dan tempat. Sedangkan sisanya sebesar 73,9%, 73,5% dan 61,5% dijelaskan oleh sebab lain diluar variabel penetian ini, akan tetapi yang memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk. Pada uji t untuk variabel produk pada garam Cap Kapal secara parsial berpengaruh tidak nyata dan pada garam Refina dan Briket secara parsial berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian. Untuk variabel harga pada garam Cap Kapal dan Refina secara parsial berpengaruh nyata dan pada garam Briket secara parsial berpengaruh tidak nyata terhadap keputusan pembelian. Untuk variabel tempat pada garam Cap Kapal dan Briket secara parsial berpengaruh nyata dan pada garam Refina secara parsial berpengaruh tidak nyata terhadap keputusan pembelian.
English Abstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2018/562/051806280 |
Uncontrolled Keywords: | Garam |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 553 Economic geology > 553.6 Other economic materials > 553.63 Salts |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 29 May 2019 01:39 |
Last Modified: | 24 Nov 2020 02:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |