Hubungan Antara Kesepian Dan Intensitas Penggunaan Media Sosial Pada Dewasa Awal

Harianto, Khusnandar Eko (2018) Hubungan Antara Kesepian Dan Intensitas Penggunaan Media Sosial Pada Dewasa Awal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesepian dan intensitas penggunaan media sosial dari masing-masing aspeknya (ketekunan, kebosanan, berlebihan, dan ekspresi diri) pada dewasa awal. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan jumlah sample sebanyak 180 responden yang diambil dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan metode accidental sampling. Alat ukur yang digunakan dalam pengumpulan data adalah UCLA Loneliness Scale version 3 (Anaki, 2009) untuk mengukur variabel kesepian dan skala Multidimensional Facebook Intensity Scale (MFIS; Orosz, 2015) yang telah diadaptasi untuk mengukur intensitas penggunaan media sosial. Analisis data yang digunakan adalah analisis Spearman’s Correlation. Terdapat empat hasil uji hipotesis yang diperoleh dalam penelitian ini. Pertama, tidak terdapat hubungan kesepian dan ketekunan dalam intensitas penggunaan media sosial. Kedua, terdapat hubungan negatif kesepian dan kebosanan dalam intensitas penggunaan media sosial. Ketiga, terdapat hubungan positif kesepian dan berlebihan dalam intensitas penggunaan media sosial. Keempat, tidak terdapat hubungan kesepian dan ekspresi diri dalam intensitas penggunaan media sosial.

English Abstract

This study aims to determine the relationship of loneliness and intention of using social media from each aspects (persistence, boredom, overuse and self-expression) in early adulthoods. This study was conducted through correlational study among 180 participants with non-probability sampling technique and accidental sampling method. The instruments that used in collecting the data were: UCLA Loneliness Scale version 3 (Anaki, 2009) and the adaptation of Multidimensional scale of the Facebook Intensity Scale (MFIS; Orosz, 2015). The data was analysed using statistical technique of Spearman Correlation. Four results shows in this study. First, there is no relationship between loneliness and persistence in intensity of using social media. Second, there is a negative relationship between loneliness and boredom in intensity of using social media. Third, there is a positive relationship between loneliness and overuse in intensity of using social media. Fourth, there is no relationship between loneliness and self-expression in intensity of using social media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/929/051811577
Uncontrolled Keywords: Dewasa Awal, Intensitas Penggunaan Media Sosial, Kesepian Early Adulthood , Intention of Using Social Media, Lonelines
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Jul 2019 02:51
Last Modified: 25 Oct 2021 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164352
[thumbnail of Khusnandar Eko Harianto.pdf]
Preview
Text
Khusnandar Eko Harianto.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item