Analisis Nilai Tambah (Value Added) Rantai Pasok Daging Sapi Menggunakan Metode Hayami (Studi Kasus Di Rph Karangrejo Banyuwangi

Farisandi, Nysa Ayu (2018) Analisis Nilai Tambah (Value Added) Rantai Pasok Daging Sapi Menggunakan Metode Hayami (Studi Kasus Di Rph Karangrejo Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Daging sapi merupakan salah satu bahan pangan yang sangat penting untuk mencukupi kebutuhan gizi masyarakat dan merupakan komoditas ekonomi yang sangat strategis. Hal ini erat kaitannya dengan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) sebagai penyedia jasa pendukung jaminan penyediaan daging ternak potong secara teratur dan memadai. Pasar dan perdagangan merupakan dua aspek yang saling terkait. Peluang pasar hanya dapat dimanfaatkan secara maksimal jika didukung oleh sistem perdagangan yang efisien. Efisiensi kegiatan distribusi berpengaruh pada harga daging sapi ditingkat konsumen. Saat ini penelitian mengenai biaya transaksi di sepanjang rantai pasok masih terbatas. Oleh karena itu studi mengenai rantai pasok daging sapi perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa besar nilai tambah yang dapat diciptakan dari proses pemotongan sapi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui manajemen rantai pasok daging sapi di RPH Karangrejo Banyuwangi; (2) mengetahui nilai tambah proses pemotongan sapi di RPH Karangrejo Banyuwangi. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dan analitik. Pengambilan contoh dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan teknik snowball sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis biaya transaksi dan analisis nilai tambah menggunakan Metode Hayami. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Produk berpindah dari peternak hingga konsumen akhir daging sapi. Keuangan mengalir dari konsumen akhir daging sapi ke peternak, sedang informasi mengalir dua arah dari peternak ke konsumen akhir daging sapi, namun belum berjalan optimal ditandai ada sisa produktidak terjual setiap hari; (2) Nilai tambah yang diperoleh jagal I sebesar Rp 35.827,193 dengan ratio sebesar 46,5%, viii jagal II sebesar Rp 36.031,62 dengan ratio sebesar 47,47%, jagal III sebesar Rp 44.994,45 dengan ratio sebesar 52,17% dari total nilai output. Nilai Tambah pada jagal III terbesar dikarenakan harga output dari jagal III lebih tinggi dari pada harga output kedua jagal lainnya yakni Rp 115.000 hal ini karena jagal III memiliki konsumen kelas tinggi dan mengeluarkan biaya transportasi yang murah karena jarak angkut sapi dekat.

English Abstract

Beef is one of the most important food ingredients to meet the nutritional needs of the community and is a very strategic economic commodity. This is closely related to Slaughterhouses as a provider of supporting services guarantee the provision of meat cattle regularly and adequately. Markets and trade are two interrelated aspects. Market opportunities can only be maximally utilized if supported by an efficient trading system. Efficiency of distribution activities affect the price of beef at consumer level. Currently research on transaction costs along the supply chain is still limited. Therefore the study of beef supply chain needs to be done to find out how much added value can be created from the process of slaughtering cattle. This study aims to: (1) know the supply chain management of beef at Karangrejo Banyuwangi Slaughter house; (2) to know the added value of the process of slaughtering cattle at Karangrejo Banyuwangi Slaughterhouse. The method of this research is descriptive and analytic method. Sampling in this research using purposive sampling technique and snowball sampling technique. Data analysis used in this research is transaction cost analysis and value-added analysis using Hayami Method. The results of the analysis indicate that: (1) The product moves from breeder to final consumer of beef. Finances flow from the end-consumer of beef to the breeder, while information flows both ways from the breeder to the final consumer of the beef, but has not run optimally indicated there is no residual product sold every day; (2) The added value obtained by Butcher I was Rp 35,827,193 with ratio of 46.5%, butcher II amounting to Rp 36,031.62 with ratio of 47.47%, butcher III x amounting to Rp 44.994,45 with a ratio of 52.17 % of the total output value. Added value in the largest butcher III is due to the output price of slaughter III is higher than the second output price of the other slaughter of Rp 115,000 this is because the butcher III has a high class consumer and spend a cheap transportation costs because of close cattle haul.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/258/051806189
Uncontrolled Keywords: Daging Sapi, Nilai Tambah, Metode Hayami, Rantai Pasok,/Beef, Hayami Method, Supply Chain, Value Added
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 664 Food technology > 664.9 Meats and allied foods
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 May 2019 01:30
Last Modified: 23 Nov 2021 01:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164271
[thumbnail of Nysa Ayu Farisandi.pdf]
Preview
Text
Nysa Ayu Farisandi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item